Siapkan Pengelolaan Yang Tepat Untuk KIHT NTB di Paok Motong

Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Iskandar Zulkarnain, M.Si sampaikan sambutan dalam kegiatan FGD Pengelolaan Kawasan Indutri Hasil Tembakau (KIHT) NTB. Dihadiri perwakilan dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, KIHT Kudus Jawa Tengah, Kepala BI, Bank NTB Syariah, akademisi, OPD terkait di provinsi NTB, OPD terkait di Kabupaten Lombok Timur, Perusahaan, Bea Cukai NTB, dan komunitas tembakau. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid di Ruang Rapat Geopark Bappeda NTB. 7 Maret 2023.

Iskandar Zulkarnain sampaikan terkait perkembangan pembangunan KIHT di Desa Paok Motong, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. “Setelah dua tahun tersendat, akhirnya pada 2022 ini pembangunan KIHT bisa kita wujudkan” ujarnya. Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan pengelolaannya saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai dokumen yang dibutuhkan, salah satunya MOU antara Provinsi NTB dengan Kab.Lombok Timur.  “Sudah di tandatangani Gubernur NTB dan Bupati Lombok Timur” tambahnya.

Terkait peresmian dan dimulainya operasional, Iskandar Zulkarnain jelaskan, akan dilaksanakan setelah lebaran. Oleh karena itu, FGD hari ini diperlukan untuk mengedukasi seluruh stakeholder terkait mengenai isu terkait tembakau di NTB dan bagaimana pengelolaanya. “Nanti kita akan dengarkan paparan dari KIHT Kudus” ujar Iskandar Zulkarnain. Kudus di Jawa tengah telah miliki KIHT, dan hari ini akan paparkan praktik baik dari KIHT nya disana. Selain itu FGD ini juga diharapkan dapat hasilkan substansi yang dibutuhkan dalam pengelolaan KIHT, yang nantinya akan dilegalkan dalam bentuk Peraturan Gubernur. “Apa yang kita dapatkan sebagai pengelola, apa tugas dan kewajiban. syarat-syaratnya. Hasil FGD akan jadi substansi pergub” ujarnya.

Menurut Iskandar Zulkarnain, tentu dengan beroperasinya KIHT, diharapkan akan tingkatkan pendapatan DBHCHT. “Target kami kedepan akan capai DBHCHT 1 T” pungkasnya. Hal ini karena NTB saat ini adalah penghasil cukai terbesar ketiga di Indonesia setelah Jawa Timur dan Jawa Tengah. “Pentingnya DBHCHT meningkat, hal ini tentunya untuk tingkatkan kesejahteraan petani dan buruh tembakau, itulah tujuan utamanya” ujar Iskandar. 

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah