NOTULENSI RAPAT KORDINASI NASIONAL“CITRA SATELIT PENGINDERAAN JAUH TAHUN 2021”- 27Januari 2021

Rabu, 27Januari 2021, KepalaBidangPenelitian dan PengembanganBappedaProvinsi NTB Lalu Suryadi, S.P., M.M dan Kepala Sub BidangInformasiGeospasialWuriHandayani, S.T, mengikutiRakornasInovasipemanfaatanteknologisatelitpenginderaanjauhuntukperencanaankota, pemantauanhutan dan kebencanaan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Menteri Riset dan Teknologi Prof. Bambang BrodjonegoromembukaRakornastersebutdenganmenyampaikanpentingnyapeningkatankapabilitas IPTEK dan penciptaaninovasi dan infrastruktur yang mendukung. Menteri RISTEK mengatakanbahwasatelitmerupakankebutuhan yang mutlakuntukkomunikasi dan penginderaanjauh. Menteri menegaskantentangperan LAPANyakniuntuk:
1. Pengembangan data terhadapcitrasatelitnasional
2. Pengembanganlayananinformasi yang melibatkanpenginderaanjauh

Produk dan inovasiterkaitpenginderaanjauhcitrasatelit yang dihasilkan oleh LAPAN berupakatalog data yang mencakupcitrasatelitresolusirendah, citrasatelitresolusimenengah, citrasatelitresolusitinggi, citrasatelitresolusisangattinggi, data satelit radar, dan data mosaik. Produkdari LAPAN inibisadigunakanuntuk Analisa kebakaranhutan yang terjadimaupununtukmitigasidaribencanaalamlainnya.Selainitumetodeinidapatdigunakanuntukpengawasanpenambangan liar yang menyalahgunakanfungsilahan.

Selainbencanaalam, citrasatelitpenginderaanjauh juga bisadigunakanuntukmelihatpotensidarihutantropis yang ada di Indonesia dengancara monitoringdenganteknologi yang sudahada. Disisi lain metodeinibisadigunakanuntuk monitor produksipangandenganmengestimasijumlah yang diproduksiberdasarkanlahan yang ada.

Diharapkanteknologidari LAPAN terkaitcitrasatelitpenginderaanjauhdapatdigunakansecaramaksimaluntukmelihatpotensipositifmaupunnegatifdari Indonesia. Teknologiini juga memudahkanuntukmemonitoringdarilahanlahan yang tersebar di seluruh Indonesia.

#NTBGemilang
#NTBTangguhdanMantap
#NTBBersihdanMelayani
#NTBSehatdanCerdas
#NTBAsridanLestari
#NTBSejahteradanMandiri
#NTBAmandanBerkah

Dokumentasi