Zoom Meeting Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Indonesia Tourism Development Project (ITDP)

Bappeda Provinsi NTB yang diwakili, Iva Nur Ilmi,S.T., M.Eng., mengikuti Zoom Meeting Rapat percepatan pelaksanaan kegiatan indonesia tourism development project (ITDP) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Lombok, Kamis, 28 Oktober 2021.

Acara terselenggara dalam rangka mendukung percepatan pariwisata di kawasan destinasi pariwsaata. Sudah ada kerjasama dengan world bank secara terintegrasi dalam ITDP area untuk kawasan strategis Nasional. Program ini telah berlangsung sejak 2018 di 3 (tiga) destinasi yaitu Lombok, Borobudur dan Danau Toba. Seiring dengan berjalannya program sudah ada Loan agreement, maka penambahan 3 llokasi lagi yaitu di Bromo Tengger, Wakatobi dan Labuhan Bajo.

Direktorat Jenderal Cipta Karya berperan untuk menjalanakan lingkup kegiatan komponen-2. Sebagai gambaran bahwa akses pelayanan daerah pariwsata dengan alokasi $155juta melalui Loan ITDP. Terprogramkan atau sudah diusulkan sebanyak 8 paket kegiatan senilai 527,9 Miliyar atau $36,16juta, sehingga potensi masih ada $118,8juta untuk segera difinalkan usulannya.

Berdasarkan arahan Direktur Cipta Karya alokasi tahun 2022 tidak begitu fleksibel untuk mendukung kegiatan-kegiatan KSPN prioritas, sehingga untuk kegiatan yang memang sudah siap, perlu dijajaki sebagai usulan potensi Loan yang masih sisa. Identifikasi seluruh kegiatan 6 (enam) KSPN termasuk salah satunya adalah KSPN Lombok. Ada 34 paket kegiatan usulan baru $110,1juta. AWP-1 tahun 2021 yang berada di Lombok terdapat 6 (enam) yaitu paket yaitu Pembangunan TPST RDF TPA Regional Kebon Kongok, Supervisi pembangunan TPST RDF TPA Regional Kebon Kongok, Pembangunan IPA Kapasitas 150L/Det SPAM Pantai Selatan, Optimalisasi SPAM ITDP Senaru mendukung KSPN Geopark Rinjani, Pembangunan SPAM ITDP Sembalun mendukung KSPN Geopark Rinjani, dan Konsultan Manajemen Konstruksi Pekerjaan SPAM ITDP mendukung KSPN Lombok.

Tindak lanjutnya diharapkan peran Pemerintah Daerah di lokasi terkait dalam hal pemenuhan Readnese Criteria sehingga dapat difinalkan usulan yang dismaksud, karena Dirjen Cipta Karya diminta untuk melakukan percepatan sehingga jangan menunggu hingga 2023.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah