Workshop Sosialisasi Program SEE4WASH-2

Kepala Bappeda Provinsi NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si., menjadi narasumber pada Workshop Sosialisasi Program strengthening The Enabling Environment for Water, Sanitation And Hygiene (SEE4WASH-2), yang dihadiri perangkat daerah terkait lingkup Pemerintah Provinsi NTB serta NGO terkait. Bertempat di Hotel Aston Inn, Kamis 14 April 2022.

Kepala Bappeda menyampaikan Isu global perubahan iklim berdampak pada akses dan layanan air bersih, sanitasi dan kebersihan atau dikenal dengan sektor WASH (Water, Sanitation, Hygiene). Oleh karena itu Pemerintah bertanggungjawab untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, seperti rumah yang layak dan terjangkau di permukiman yang aman, sehat dan berkelanjutan, dan akses layanan air minum dan sanitasi serta utilitas lainnya. Yang juga menjadi salah satu visi Pemprov NTB yaitu ”NTB Gemilang” dengan melaksanakan berbagai program strategis dan unggulan.

Beberapa arah kebijakan umum untuk sektor WASH antaralain dibutuhkannya Komitmen kepala daerah untuk mendukung perencanaan, implementasi, dan monev penyelenggaraan sektor WASH; Perubahan perilaku masyarakat melibatkan semua pihak, pemerintah dan non-pemerintah, menjadi Gerakan Multi Pihak yang terkait dengan penanggulangan kemiskinan; Penguatan kelembagaan pengelolaan sektor WASH di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan level desa.

Sehingga Kolaborasi dilaksanakan dengan pembagian peran yang jelas sesuai kewenangan dan kapasitas, serta integrasi pola pendanaan untuk keberlanjutan pelaksanaan sektor WASH. Tidak lupa penyediaan infrastruktur layanan dasar untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, sesuai karakteristik masyarakat lokal. Lanjut Doktor Iswandi.

Doktor Iswandi berharap Sasaran program SEE4WASH-2 bisa diperluas dengan menginterasikan isu strategis daerah (stunting, perkawinan dini, zero waste), juga Target sasaran 60 sekolah (Mataram, Lotim, KLU, KSB, Kab. Bima) dapat diperluas secara paralel untuk semua Kabupaten/Kota di NTB, tutupnya.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah