MENYAMBUT NEW NORMAL, NTB IKUT LOMBA VIDEO INOVASI DAERAH

 

Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pada hari senin (9/6) kemarin, dilangsungkan rapat koordinasi terkait Lomba Inovasi Daerah di Gedung Sangkareang kantor Gubernur NTB. Lomba diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam rangka menyambut New Normal yang dicanangkan oleh pemerintah. Sebagai bagian dari pemulihan kehidupan ekonomi sosial dan budaya di tengah masyarakat yang terdampak Covid-19.

Rapat dipimpin langsung oleh Sekda Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi yang hadir beberapa saat setelah acara dimulai. Didampingi pula oleh Asisten Gubernur dan Kepala Biro Humas Pemprov NTB. Suasana rapat berjalan sangat dinamis, sehingga semua peserta yang hadir aktif dalam mendiskusikan tiga video yang akan dimasukkan pada lomba Inovasi Daerah dalam rangka penerapan New Normal di Indonesia. Dari rapat tersebut diperoleh beberapa catatan di antaranya adalah :

Pertama, dari sektor Transportasi yang dibuat oleh Dishub Prov NTB. Dalam Video tersebut masih ada penyempurnaan antara lain, perlunya lagu tradisional yang ditampilkan sehingga kesannya dari video tersebut lebih mengena. Selanjutnya perlu adanya narasi tujuan dan maksud dari gambar cidomo yang ditampilkan, lokasi tujuan dan motor listrik sebagai salah satu inovasi daerah yang diperkenalkan sehingga informasi yg disampaikan sampai pada masyarakat penikmat video. Perlunya dialog dalam tampilan video tersebut dengan memaksimalkan durasi 1,5 menit. Lebih  condong tampilan khas daerah seperti pakaian adat, alat musik gendang belek sebagai instrumen musiknya.

Kedua, dari Sektor PTSP yang dalam videonya masih perlu editan lebih lanjut. Antara lain, pada tampilan awal Video perlu animasi Logo Kemendagri dan Logo NTB. Tampilan video yang tidak lepas dari APD perlu diprioritaskan, seperti penggunaan masker, jaga jarak dan lainnya harus terlihat jelas dalam video.  Instrumen dan musiknya perlu menggunakan musik khas daerah sendiri yaitu “sasambo”.

Ketiga, dari Sektor Tempat Pariwisata, dalam video masih ada perbaikan antara lain, dari segi aransemen yang digunakan, tema yang disampaikan lebih kepada penggunaan APD Dan New Normal. Kemudian judul inovasi masih dalam perumusan fiks.

Hingga hari ini masih ada 4 sektor yang belum terinput dalam aplikasi dan 7 sektor video yg belum terinput karena masih dalam proses pengeditan. Sehingga dengan adanya perpanjangan waktu yang diberikan pihak penyelenggara. Yang semula berakhir tanggal 8 juni, diperpanjang hingga 15 juni mendatang, bisa dimaksimalkan untuk menambah kekurangan yang ada. Pertemuan selanjutnya akan  dilaksanakan hari Rabu, 10 Juni 2020.

#kabid.Litbang

#subbid.ekowil

#subbid.sosbud

#subbid.ig