WORKSHOP SOSIALISASI PROGRAM KITA MUDA KREATIF DI WILAYAH NUSA TENGGARA BARAT

Selasa, 23 Februari 2021, Kepala Bappeda NTB Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si. membuka resmi Workshop Sosialisasi Program Kita Muda Kreatif di Wilayah NTB  yang dilakukan secara online (zoom) dan secara langsung disiarkan secara stearming melalui Youtube Kita Muda Kreatif.

Program Creative at Indonesian Heritage Sites, sebuah kolaborasi UNESCO dan Citi Indonesia yang didukung Citi Foundation sejak 2017, secara resmi telah mengawali Fase 4 di awal tahun 2021. Program ini bermaksud membangun keterkaitan antara situs warisan budaya dan mata pencaharian penduduk sekitar, dengan menyediakan pelatihan-pelatihan bagi para wirausaha muda untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan bisnisnya seraya terus melestarikan dan mempromosikan nilai-nilai budaya situs tersebut.

Tujuan Workshop ini para peserta bias mengenal program Kita Muda Kreatif yang diselenggarakan oleh UNESCO Jakarta-Citi Foundation dan memberikan arahan serta masukan yang sesuai dengan kondisi wilayah NTB, Terbangunnya sinergi dan koordinasi yang erat antara Program Kita Muda Kreatif dan semua pemangku kepentingan di daerah Provinsi NTB selama program di tahun 2021.

Program yang dihajatkan untuk mendukung 300 Wirausaha Muda Kreatif di seluruh Indonesia dan khususnya di NTB, UNESCO mengikutsertakan para generasi Muda NTB untuk diberikan pendampingan di 3 Kabupaten Kota yaitu : Lombok Utara, Lombok Tengah, dan Lombok Timur.

Beberapa regulasi juga telah lahir dalam mendukung ekonomi kreatif serta UMKM/IKM di NTB yaitu :

  1. Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif.
  2. Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 43 Tahun 2020 Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Bela Dan Beli Produk Lokal

Lahirnya regulasi tersebut merupakan niatan yang tulus serta bentuk keberpihakan Pemerintah Daerah dalam rangka menjamin pasar produk UMKM dan IKM serta pengembangan ekonomi kreatif melalui industrialisasi di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh potensi pariwisata yang luar biasa (Mandalika, Samota, Desa Wisata, dll) serta potensi alam pertanian, peternakan, dan perikanan yang melimpah.

Implementasi nyata keberpihakan pemerintah daerah terhadap produk UMKM/IKM di Tahun 2020 adalah dengan melibatkan ratusan UMKM/IKM dalam pengadaan produk olahan paket sembako JPS Gemilang Tahun 2020 yang kemudian dilanjutkan dengan program stimulus ekonomi.

Kepala Bappeda dalam sambutannya berharap dengan program ini serta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan yang ada nanti akan lahir enterpreneur-enterpreneur sejati yaitu para wira usaha muda yang mandiri dan kompetitif untuk menggerakkan roda perekonomian di wilayahnya masing-masing yang pada akhirnya dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah ke arah yang lebih baik.

#NTBGemilang
#NTBTangguhdanMantap
#NTBBersihdanMelayani
#NTBSehatdanCerdas
#NTBAsridanLestari
#NTBSejahteradanMandiri
#NTBAmandanBerkah