PRA MUSRENBANG PROVINSI DI PULAU SUMBAWA

Setelah dua minggu yang lalu menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Bima, hari ini Bappeda Provinsi NTB kembali mengadakan acara Pra Musrenbang RKPD Provinsi NTB untuk regional Pulau Sumbawa di Kota Bima. Acara ini dimaksudkan untuk mensinkronkan program dan kegiatan hasil Musrenbang dari seluruh Kabupaten/Kota se-Pulau Sumbawa dengan hasil Forum SKPD Provinsi NTB. Acara ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dari hari Senin (17/3) hingga Selasa (18/3), dan dihadiri oleh seluruh Bappeda Kabupaten/Kota se-Pulau Sumbawa dan Bappeda Provinsi serta SKPD Provinsi NTB.

Pembukaan Pra Musrenbang Pulau Sumbawa 20140317

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Chairul Mahsul memberikan apresiasi kepada Kota Bima yang dapat meningkatkan magnitudnya dalam pembangunan. Selain itu disampaikan bahwa indikator pembangunan seperti prosentase kemiskinan dan IPM relatif seluruh Kabupaten/Kota se-Pulau Sumbawa lebih baik dibadingkan dengan Kabupaten/Kota di Pulau Lombok. Chairul Mahsul juga menyampaikan berbagai isu pembangunan selain kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), seperti pengelolaan sumberdaya alam dan pertumbuhan ekonomi serta pembangunan infrastruktur. Chairul Mahsul memberikan arahan pembangunan kepada SKPD Provinsi untuk fokus menangani pembangunan berbasis isu dan bukan berbasis sektor. Oleh karena itu untuk usulan program dan kegiatan diharapkan tidak terlalu banyak yang berdampak kurang fokus, tetapi diharapkan sesuai dengan kebutuhan prioritas yang mendesak dan kemampuan pembiayaan yang dimliki oleh Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Sedangkan Wakil Walikota Bima, H. Rahman H. Abidin dalam sambutan pembukaannya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTB, khususnya Bappeda Provinsi NTB yang telah memusatkan penyelenggaraan Pra Musrenbang Regional Pulau Sumbawa di Kota Bima. Selain itu H. Rahman H. Abidin juga mengungkapkan berbagai program pembangunan yang direncanakan untuk Kota Bima yang difokuskan pada peningkatan pelayanan publik, perbaikan infrastruktur dan pemberdayaan msyarakat. Wakil Walikota juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat memberikan hasil yang bermanfaat untuk pelaksanaan pembangunan pada tahun 2015.