Pertemuan Review dan Evaluasi Aksi Daerah (RAD) Pencegahan Perkawinan Anak Untuk Para Pemangku Kepentingan Di NTB

Sekretaris Bappeda NTB, Dr. Mahjulan, SP., MP., memimpin Pertemuan Review dan Evaluasi Aksi Daerah (RAD) Pencegahan Perkawinan Anak Untuk Para Pemangku Kepentingan Di NTB. Kegiatan yang diinisiasi Bersama Mitra Pembangunan Islamic Relief ini dihadiri perangkat daerah terkait linkgup Pemerintah Provins NTB, bertempat di ruang Rapat Geopark Bappeda NTB, Kamis 6 Juni 2024.

Sekretaris Bappeda menyampaikan kegiatan ini diadakan dalam rangka mengukur progres upaya pencegahan perkawinan anak di NTB. Serta meningkatkan kesadaran dan pendidikan tentang hak-hak anak dan perempuan melalui pembangunan kapasitas di level keluarga dan masyarakat tentang pengasuhan anak yang bersumber dari ajaran dan praktik-praktik agama Islam.

“Pentingnya pembagian peran ibu dan ayah yang harmonis dan seimbang dalam pengasuhan anak juga secara signifikan akan lebih memberikan dampak maksimal untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak dari berbagai resiko kekerasan terhadap anak dan Perempuan”, lanjutnya.

“Masing-masing OPD harapannya dapat memetakan program kerja dan indikator terkait Pencegahan Perkawinan Anak di Provinsi NTB, serta mengidentifikasi kendalan dan tantangan serta rekomendasi untuk perlindungan anak dan keadilan gender terutama isu perkawinan anak di NTB.

Menutup pembukaan Doktor mahjulan berharap kegiatan ini dapat membangun kepedulian dan kesadaran pemangku kepentingan terutama instansi pemerintah untuk memberikan perlindungan pada anak dan mewujudkan kesetaraan gender terutama isu perkawinan anak di NTB.