FGD Penyusunan Draft Pedoman Umum Desa Tangguh Bencana Provinsi NTB

Didampingi Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si., memimpin Rapat Focus Group Discussion Penyusunan Draft Pedoman Umum Desa Tangguh Bencana Provinsi NTB dalam rangka Sinkronisasi data dan informasi untuk merumuskan pedoman umum Desa Tangguh Bencana, serta Mensinergikan implementasi pembangunan Desa Tangguh Bencana melalui kegiatan lintas sektor dalam penanganan Desa Tangguh Bencana. Dihadiri perangkat daerah terkait lingkup Pemerintah Perovinsi NTB serta NGO terkait. Bertempat di ruang rapat Geopark Bappeda Provinsi NTB, Selasa 17 Mei 2022.

Desa/Kelurahan Tangguh Bencana merupakan salah satu perwujudan dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana. Tujuan pengembangan Desa/Kelurahan Tangguh bencana adalah untuk melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi risiko bencana, meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan risiko bencana, serta meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan risiko bencana.

Kepala Bappeda NTB berharap kegiatan ini juga dapat meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan dalam Penanggulangan Risiko Bencana (PRB), pihak pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), organisasi masyarakat dan kelompok-kelompok lainnya yang peduli.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah