EVALUASI EX-POST KUISIONER TERKAIT PROYEK IMPLEMENTASI SYSTEM PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA (PBK) UNTUK REFORMASI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN (FASE 1&2)

Rabu, 10 Maret 2021 bertempat di ruang rapat La Key Bappeda Provinsi NTB diadakan kegiatan  Evaluasi Ex-Post Kuisioner Terkait Proyek Implementasi System Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK) Untuk Reformasi Perencanaan dan Penganggaran  (Fase 1&2)  yang diwakili oleh Kasubbag Program, Windi Sri Yulianti, S.T.

Dalam kegiatan tersebut Japan International Agency (JICA) memiliki dua tujuan dalam melakukan evaluasi proyek dalam rentang waktu siklus proyek, yaitu :

  1. Untuk perbaikan pelaksanaan proyek ke depan dengan mengambil pelajaran pada rentang waktu siklus proyek [mengambil pelajaran melalui evaluasi paska proyek / ex-post evaluation], dan
  2. Untuk memastikan akuntabilitas kepada para pemangku kepentingan termasuk warga negara Jepang dan orang-orang dari negara mitra.

Departemen evaluasi JICA pada prinsipnya melakukan evaluasi ex-post eksternal pada semua proyek JICA yang berbiaya sebesar JPY 1 Miliar atau lebih, dan juga pada proyek-proyek lain yang dianggaap dapat memberikan pelajaran berharga dalam masa dua sampai tiga tahun setelah proyek selesai. Evaluasi ex-post focus pada ; apakah proyek telah dilaksanakan dengan tepat untuk merealisasikan hasil-hasil pembangunan sebagaimana yang diharapkan, sejauh mana kontribusi proyek terhadap hasil-hasil pembangunan tersebut dan  sejauh mana efektifitasnya bisa  dipertahankan.  Pendekatan dasarnya adalah dengan mengkaji proyek melalui tujuan, tolak ukur, dan hasil yang diharapkan. Untuk tujuan-tujuan tersebut dan untuk memastikan independensi dan transparansi, Departemen evaluasi JICA menunjuk dan megirimkan evaluator pihak ketiga, yang disebut external ex-post evaluator.

Dalam hal ini Evaluasi ex-post dilakukan berdasarkan lima kriteria, sebagaimana dikembangkan oleh komite DAC (Development Assistance Committee) dibawah OECD (The Organization Of Economic Cooperation and Development), yaitu : (1) Relevansi, (2) Efisiensi, (3) Efektifitas, (4) Dampak, dan (5) Keberlangsungan

 

#NTBGEMILANG

#NTBTangguhDanMantap

#NTBBersihdanMelayani

#NTBSehatDanCerdas

#NTBAsriDanLestari

#NTBSejahteraDanMandiri

#NTBAmanDanBerkah