Zoom Meeting Sosialisasi Program Kantor Ramah Lingkungan (Eco Office)

Senin, 16 Agustus 2021, Bappeda Provinsi NTB yang diwakili Pejabat Fungsional Arsiparis Madya, Ni Luh Ester Yutiasih, S.Sos., mengikuti Zoom Meeting Sosialisasi Program Kantor Ramah Lingkungan (Eco Office) dalam rangka pembahasan progress program unggulan NTB yaitu Zero Waste, yang diselenggarakan Dinas LHK Provinsi NTB, dihadiri perwakilan seluruh OPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTB menyampaikan perlunya tiap kantor-kantor perangkat daerah di NTB untuk menerapkan Eco Office. Melalui hal-hal sederhana seperti menghemat air, menghemat listrik, mengelola sampah, dan mengurangi penggunaan plastik, maka itu sudah termasuk bagian dari Eco Office. Beliau juga berharap UPT dan sekolah-sekolah agar bisa juga menerapkan Eco Office serentak se-Provinsi NTB.

Eco Office adalah kantor peduli lingkungan yang telah mewujudkan penerapan sistem manajemen lingkungan dalam kegiatan perkantoran, dengan tujuan memberi acuan bagi instansi/Organisasi Perangkat Daerah, Kantor pemerintah dan juga swasta dalam menerapkan prinsip Kantor Ramah Lingkungan; Menciptakan lingkungan kantor yang bersih, indah, sehat dan nyaman; Meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber daya; dan menciptakan perubahan perilaku pegawai lingkup Pemprov NTB yang diharapkan menyebar sampai ke rumah tangga dan lingkungan sekitarnya.

Ruang lingkup Eco Office meliputi pengadaan barang dan peralatan ramah lingkungan; penyediaan dan pengelolaan ruang terbuka hijau; penghematan penggunaan ATK; kebersihan dan kenyamanan ruang kerja; pengelolaan sampah; pengelolaan limbah; penghematan penggunaan air; dan penghematan penggunaan listrik.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah