Sosialisasi Kelas Pasangan Ramah Anak (PARANA) Di Kabupaten Lombok Timur Program Generasi Emas Nusa Tenggara Barat 2025 (GEN2025)

KEGIATAN KELAS PARANA (PASANGAN RAMAH ANAK) PROGRAM GENERASI EMAS NUSA TENGGARA BARAT 2025 (GEN2025) KABUPATEN LOMBOK TIMUR

 

SOSIALISASI KELAS PASANGAN RAMAH ANAK (PARANA)
DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROGRAM GENERASI EMAS NUSA TENGGARA BARAT 2025 (GEN2025) TAHUN 2020

I. LATAR BELAKANG

Generasi Emas NTB (GEN) adalah generasi yang dipersiapkan dengan terencana untuk membentuk manusia NTB yang bertaqwa, cerdas, sehat, dan produktif di tahun 2015, artinya cerdas secara intelektual dan spritual, sehat, bergizi baik, dan umur panjang serta produktif secara sosial dan ekonomis.
Sesuai amanat RPJMD Provinsi NTB 2013-2018, program Generasi Emas NTB (GEN) merupakan upaya strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di NTB melalui penguatan program pemberdayaan keluarga melalui perbaikan pola asuh keluarga dalam keluarga (paarenting) dan penguatan institusi pelayanan dasar melalui revatulasasi PAUD HI.
Generasi Emas NTB saat ini menjadi cermin kondisi NTB pada masa yang akan datang, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama lintas sektor untuk mewujudkan generasi yang lebih baik dan berkualitas. Dibutuhkan generasi yang mampu membawa NTB keluar dari ketertinggalan, baik dari ketertinggalan dari segi ekonomi, pendidikan, teknologi, dan kesehatan.
Pembentukan generasi masa depan yang kuat, cerdas, kreatif, dan produktif atau sekarang ini biasa disebut Generasi Emas bukan menjadi tugas yang mudah untuk diwujudkan, bukan jugaa hanya menjadi taanggungjawab pemerintah saja namun mewujudkan Generasi Emas tersebut menjadi tanggungjawab kita bersama khususnya tingkat keluarga masyarakat NTB.
Dalam mengembangkan program Generasi Emas NTB (GEN) harus dilakukan beberapa strategi, diantaranya: penguatan institusi pelayanan kesehatan dasar, penyebaran informasi kesehatan, dan pemberdayaan keluarga kepada masyarakat dengan melalui PARANA. PARANA adalah upaya untuk membangun Generasi Emas NTB dengan memberikan pelatihan pada keluarga terutama ibu untuk mengidentifikasi dan memahami bagaimana cara menjadi orang tua idaman, memberikan cinta, dan penghargaan terhadap diri sendiri dan keluarga, pentingnya memberikan keluarga simulasi dan bermain bersama anak, makanan bergizi, dan menjaga kebersihan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu dilaksanakan Kelas Ibu Pasangan Ramah Anak (PARANA) bagi ibu di Desa/ Kelurahan.

II. TUJUAN
Tujuan dari dilakukannya sosialisasi kelas parana ini adalah:
– Untuk Mensosialisasikan Progam Generasi Emas NTB 2025 ke
– Meningkatkan pengetahuan bidan mengenai materi pola asuh (parenting) yang harus diberikan juga kepada ibu hamil dan ibu bayi balita agar ibu mengetahui pola asuh yang baik dan benar kepada anaknya sehingga bidan mampu memberikan pengarahan kepada pasangan (orang tua) untuk membangun keluarga bahagia, sehat, dan sejahtera, sehingga anak yang berada dalam keluarga tersebut bisa tumbuh optimal dan menjadi generasi unggul.

III. PESERTA
Semua bidan yang berada di wilayah Puskesmas:
– Kotaraja
– Kalijaga
– Labuan Lombok
– Suela
– Masbagik Baru
– Dasan Lekong

IV. WAKTU DAN TEMPAT
Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Kelas PARANA:
1. Puskesmas Kotaraja dan Kalijaga bertempat di Lesehan Maecinggo, masbagik pada tanggal 28 Januari 2020
2. Puskesmas Labuan Lombok dan Suela bertempat di Lesehan Inaq Busroh, Desa Perigi pada tanggal 19 Februari 2020
3. Puskesmas Masbagik Baru dan Dasan Lekong bertempat di Lesehan Timba Canging, Masbagik pada tanggal 04 Maret 2020

V. NARASUMBER
Narasumber/ Fasilitator Sosialisasi Kelas Ibu Parana yaitu Koordinator Kabupaten GEN (Erni Siswati).

VI. MATERI
Dalam pertemuan Isosialisasi dipresentasikan/ dibahas materi berikut:
• Program GEN 2025
• Modul PARANA yaitu tentang:
1. Menjadi Orang tua Idaman/Orang tua Hebat
2. Cinta dan Penghargaan dalam Keluarga
3. Pentingnya memberikan stimulasi dan Bermain dengan Anak
4. Menjaga Kebersihan Tangan
5. Indikator spesifikasi PARANA

VII. BIAYA
Biaya Sosialisasi Kelas Parana bersumber dari dana BOK masing-masing Puskesmas.

VIII. HASIL SOSIALISASI
Secara umum kegiatan Sosialisasi Parana terlaksana dengan baik, semua peserta telah mendapatkan informasi dari para narasumber tentang Program Generasi Emas NTB, Pasangan Ramah Anak (PARANA). Dari paparan dan diskusi disimpulkan beberapa hal, antara lain:
1. Program GEN 2025 merupakan strategi untuk menciptakan Generasi yang unggul, sehat dan berkarakter.
2. Kegiatan Sosialisasi PARANA dihadiri oleh Semua Bidan Puskesmas tersebut diatas berharap supaya program GEN dapat menjadi perantara untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera serta berkarakter.
3. Kegiatan sosialisasi PARANA berjalan dengan lancar dan semua peserta terlihat senang dan antusias mengikuti seluruh pemaparan materi.
4. Setelah diadakan Sosialisasi Parana ini para bidan mampu menerapkan di desa masing-masing dengan tetap berkoordinasi kepada puskesmas dan desa

Lampiran Foto Kegiatan

Narasumber pemberi materi oleh : Erni siswati (Koordinator GEN Kabupaten Lombok Timur)Sosialisasi Kegiatan Kelas PARANA (Pasangan Ramah Anak) Program Generasi Emas NTB 2025 (GEN2025)