Sosialisai RPJMD 2019

Sosialisasi RPJMD Provinsi NTB Tahun 2019-2023

Kamis (4/7/2019) bertempat diruang Geopark Rinjani BAPPEDA Provinsi NTB, Pemerintah Provinsi NTB menggelar Sosialisai RPJMD Provinsi NTB Tahun 2019-2023 yang dihadiri oleh perangkat daerah lingkup Provinsi NTB dan BAPPEDA Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB. RPJMD merupakan bentuk suatu kebijakan pubik yang menuangkan apa yang akan dikerjakan oleh pemerintah daerah. Tahapan pertama pengerjaan RPJMD sudah selesai dengan ditetapkannya Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang RPJMD Provinsi NTB Tahun 2019-2023.

Agar RPJMD ini dapat berhasil dan sukses, dengan ukuran tercapainya indikator-indikatir RPJMD yang telah ditetapkan, inilah yang disebut “sukses” mewujudkan RPJMD bukan hanya mencapai anggaran. Pertanyaannya untuk masing-masing sudah memberikan kontribusi dalam pencapaian indikator RPJMD. Kemudian terkait BSC yang sedang dibangun merupakan alat untuk mengukur pencapaian Indikator RPJMD sebagai kiblat pemerintah. Untuk memuai implentasi memperhatikan 4 hal: a) bagaimana memperhatikan sumber daya; b) bagaimana melakukan sosialisasi, termasuk di dalamnya sosialisasi ; c) bagaimana manajemen birokrasi/pelaksana; d) direktif atau disposisi pimpinan. Sesuai kegiatan hari ini yang dihadiri oleh kepala perangkat daerah agar sosialisasi ini tidak berhenti namun terus berlanjut kepala stakeholder seterusnya. Selain itu penting bagi Diskominfo perlu andil penting dalam sosialisasi RPJMD selain SKPD lainnya. Hal ini penting karena kunci sukses implementasi adalah sosialisasi. Selanjutnya adalah sumber daya yang dimiliki oleh setiap OPD, penting adanya evaluasi terkait sumber/kekuatan/daya dari masing-masing, apakah cukup ataukah masih kurang. Selanjutnya struktur organisasi yang ada, penting untuk memberdayakan saling koordinasi dan bersama-sama sesuai tupoksi untuk mendukung efektivitas pelksanaan mencapai tujuan. Direktif/disposisi pimpinan yang muncul karena adanya dinamika, diperlukan analisa untuk pelaksanaannya.

Terdapat 5 hal/ukuran yang mempengaruhi tercapainya implementasi

  1. Tercapainya target indikator program maupun kegiatan
  2. Tercapainya sesuai sasaran (ketepatan sasaran), sasaran didukung dengan program prioritas yang dilammnya terdapat program-program pendukung
  3. Input
  4. Kepuasan masyarakat
  5. Kesejahteraan masyarakat

Sumber daya untuk mewujudkan RPJMD: SDM, Fiskal Daerah, Teknologi, Perencanaan Berkualitas. Pemeran terkait SDM: BKD bagaimana menyiapkan SDM berkualitas sebagai implementator, BPSDM terkait tupoksinya memberikan pelatihan SDM, Kemudian biro organisasi serta seluruh kasubbag program seluruh OPD. Fiskal : BPKAD, Bappenda, BUMD, Biro Ekonomi, kaitannya pngelolaan kas (pengimbangan pengeluaran) dan peningkatan pendapatan daerah (BUMND dan BLUD penting meningkatkan fiskal daerah). Teknologi: penting untuk peningkatan efektifitas siklus pemerintahan, dalam hal ini Diskominfo. Terutama kaitannya dengan implementasi inovasi dengan memanfaatkan teknologi. Memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan. Perencanaan Berkualitas: tidak hanya oleh Bappeda tapi juga seluruh OPD. Pejabat fungsional perencana sebagai supervisi perencanaan di seluruh OPD sehingga dapat ditetentukan Program strategis dan unggulan yang akan menjadi prioritas daerah.

[soliloquy id=”7906″]