Geopark Rinjani

Logo-Geopark-Rinjani-UGG LATAR BELAKANG Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark adalah bagian dari wilayah Provinsi NTB yang memiliki keragaman geologi, keragaman hayati, dan keragaman budaya yang bernilai internasional dan telah diakui sebagai Taman Bumi dunia UNESCO (UNESCO Global Geopark). Badan Pengelola Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark (BP-RLUGG) adalah lembaga koordinasi kebijakan dan pengelolaan kawasan dalam deliniasi Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark. Dalam pengembangannya Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark selalu berpijak pada 3 pilar utama yaitu konservasi, pendidikan dan Pembangunan Perekonomian Berkelanjutan Masyarakat SEJARAH SINGKAT  
2008Seminar Geopark I oleh IAGI Nusa Tenggara di Mataram.
2010Seminar Geopark I oleh Pusat Geoteknologi LIPI di Bandung.
2012BAPPEDA NTB Mengundang 5 assesor untuk memberikan masukan dalam rangka pengembangan Geopark di Rinjani Lombok. Mereka adalah :
Prof. Dr. Guy Martini (Perancis), Prof. Dr. Patrick James Mc Keever (Inggris), Prof. Ibrahim Komoo (Malaysia), Prof Norzaini Azman (Malaysia) dan Dr. Ir. Hanang Samodra, MSi (Badan Geologi Bandung).
2013Pengajuan dossier Geopark Rinjani Lombok sebagai Geopark Nasional
7 Oktober 2013Geopark Rinjani Lombok ditetapkan sebagai Geopark Nasional
2014– Penguatan Situs dengan Signboard, sarana prasarana penunjang
– Mengundang Prof. Mahito Watanabe (Jepang) untuk memberikan masukan pengembangan.
– Penyusunan dossier untuk pengajuan sebagai anggota Global Geopark Network UNESCO.
2015– Pembentukan tim percepatan Geopark Rinjani Lombok melalui SK Gubernur NTB.
– Pembentukan DPH Gropark melalui SK Gubernur NTB.
– Pengiriman Dossier ke UNESCO.
2016Penilaian Aksessor Mr Maurizio Burlando (Italia) dan Mr Soo Jae Lee (Korea selatan) “7th International Conference on UNESCO Global Geopark 2016” di Torquay Devon United Kingdom
2017– Surat UNESCO tentang keputusan status ‘defered’ untuk keanggotaan hingga memenuhi 10 rekomendasi yang ditentukan oleh UNESCO.
– Bulan Juli, Penyampaian Jawaban progres 10 Rekomendasi.
– Di ajang “5th Asia Pacific Geopark Network (APGN) Symposium 2017” dan mendapat jawaban hasil sidang UGG yang menyatakan Rinjani Lombok Geopark.
– Ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Simposium Asia Pasific Geopark Network ke -6 tahun 2019 (APGN 2019).

2018– 17 April UNESCO mengumumkan dan menetapkan secara resmi status keanggotaan Geopark Rinjani Lombok sebagai anggota UNESCO Global Geopark.
MAKSUD DAN TUJUAN Maksud : mengembangkan Taman bumi melalui 3 (tiga) pilar yang meliputi konservasi, Edukasi dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan. Tujuan Geopark adalah untuk mewujudkan pelestarian warisan geologi (geoheritage), Keanekaragaman Hayati (Biodiversity) dan Keragaman Budaya (Cultural Diversity) untuk kesejahteraan masyarakat. VISI MISI  VISI : Terwujudnya Geopark Rinjani Lombok yang Berkelanjutan dan Berdaya Saing Internasional.  MISI :
  1.  Melestarikan keragaman sumber daya geologi, kekhasan dan keunikan budaya, serta kekayaan sumber daya alam hayati secara berkelanjutan.
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan peran masyarakat dalam pengelolaan Geopark, perluasan kesempatan berusaha serta peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah.
  3. Membangun destinasi pariwisata (GEOSITE) kelas dunia yang menjunjung tinggi norma sosial, budaya dan hukum.
  4. Membangun masyarakat melalui peningkatan pengetahuan dan pemahaman terhadap geopark, serta peningkatan kesadaran terhadap konservasi alam dan budaya.
  5. Membangun tata kelola yang professional, terpadu dan berkelanjutan untuk menjamin terwujudnya keterpaduan pembangunan Geopark yang berkelanjutan.
STRUKTUR ORGANISASI
  • Dewan Penasihat : Gubernur Provinsi NTB.
  • Dewan Pengarah : Sekda Provinsi NTB (Ketua)
  • Kepala-Kepala OPD (Anggota)
Badan Pelaksana : 1. General Manager 2. Manajer Pemberdayaan Masyarakat dan Peningkatan Peran Perempuan. 3. Manajer Konservasi, Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim. 4. Manajer Pendidikan dan Kebudayaan. 5. Manajer Penelitian dan Pengembangan, dan Kerjasama Antar Lembaga 6. Manajer Pemasaran dan Pengembangan Ekonomi Kreatif. 7. Manajer Geowisata dan Trekking. Sekretariat : 1. Ketua Sekretariat. 2. Bidang Administrasi. 3. Bidang Keuangan. 4. Bidang Umum. Alamat Kantor  : Kantor Bappeda Provinsi NTB, Sekretariat Geopark Rinjani, Jln. Flamboyan No. 2 – Mataram. Email : geoparkrinjani.dph@gmail.com Website : www.rinjanigeopark.com  

Pemandu Wisata Trekking Rinjani, Siap Naik Kelas Menjadi Interpreter ?

Status UNESCO Global Geopark yang disandang Rinjani-Lombok Geopark yang berada di NTB semakin menyemangati pemerintah dan masyarakat untuk berbenah. Warisan alam berkelas dunia ini harus pula didukung oleh kualitas sumber daya manusia yang handal sebagai pemain utama dalam upaya melesatarikan warisan bumi, mensejahterakan masyarakat. Kalau kita tilik sejarah perkembangan wisata gunung Rinjani di era 90-an,

Read More »

Gerilya Populerkan Geopark, Dewan Pelaksana Geopark Rinjani Lombok Sambangi Kampus

Upaya mempopulerkan Geopark terus dilakukan ke semua kalangan. Setelah sebelumnya menyasar para siswa SLTP dan SLTA di pulau Lombok lewat kegiatan Geopark goes to School, Badan Pelaksana Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark (BP-RLUGGp) kali ini melakukan sosialisasi tentang geopark ke kalangan mahasiswa di lingkup Universitas Mataram.  Bertempat di aula Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Fakultas Ekonomi

Read More »

Program School to Geopark : Asyiknya Mendengarkan Bebatuan Bicara.

Pada Rabu pagi 20 November 2019 lalu, Pura Batubolong yang merupakan situs geologi sekaligus situs budaya Geopark Rinjani Lombok nampak lebih ramai dari biasanya. Puluhan siswa-siswi dari SMAN 1 Batulayar ditemani bapak dan ibu gurunya nampak antusias menelusuri situs yang hanya berjarak 4 kilometer saja dari sekolah mereka. Selain didampingi oleh bapak dan ibu guru,

Read More »

Desa Harus Melek Informasi & Ramah Investasi

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menekankan pentingnya aparatur pemerintah, kepala desa, kepala sekolah dan kepala Puskesmas untuk melek informasi dan bersahabat dengan investasi. NTB Gemilang ke depan, kata Gubernur harus memastikan daerah sampai desa bersahabat dengan investasi. Karena kita tidak mungkin akan maju dan mampu mengatasi pengangguran tanpa hadirnya investasi dan industrialisasi di daerah kita.

Read More »

Geopark Goes to School & Peringatan Hari Pengurangan Resiko Bencana 2019

Bukan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami atau gunung meletus sesungguhnya yang membunuh manusia,  tetapi ketidakpahaman  terhadap proses alam dan minimnya pengetahuan mitigasi bencana sangat berperan besar sebagai penyebabnya. Gempa bumi merupakan kejadian alamiah yang telah terjadi sejak jutaan tahun yang lalu dan masih akan terjadi di masa yang akan datang selama masih ada pergerakan

Read More »