REKRUTMEN/SELEKSI TENAGA PENDAMPING KELOMPOK KERJA AIR MINUM DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (POKJA AMPL) – PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2021

Dalam rangka pengisian kelembagaan Tim Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) di Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2021, dengan ini Bappeda Provinsi Nusa Tenggara Barat selaku sekretariat Pokja AMPL mengundang dan membuka kesempatan bagi yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengikutj seleksi dengan kriteria/persyaratan sebagai berikut:

A. Kualifikasi Pendidikan

Kualifikasi pendidikan minimal D3 dengan jurusan/peminatan:
1. Kesehatan Masyarakat.
2. Kesehatan Lingkungan.
3. Teknik Lingkungan.

B. Jumlah dan Lokasi Penempatan

Jumlah pengalokasian calon Tenaga Pendamping Pokja AMPL tahun 2021:
1. Provinsi NTB (Sekretariat) : 1 orang
2. Kabupaten Lombok Tengah : 1 orang
3. Kabupaten Sumbawa Barat : 1 orang
4. Kabupaten Sumbawa : 1 orang
5. Kabupaten Bima : 1 orang
6. Kota Bima :  1 orang

C. Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan/peminatan) sesuai dengan yang dibutuhkan.
2. Pria atau wanita dengan usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 40 (empat puluh) tahun pada tanggal 7 Januari 2021.
3. Sehat jasmani dan rohani.
4. Tidak pernah tersangkut perkara pidanalperdata dan terlibat kasus narkoba.

D. Persyaratan Khusus

1. Lulusan Perguruan Tinggi (PT) Negeri atau Swasta yang terakreditasi, dengan İPK minimal 2,75 (PT Negeri) dan 3,00 (PT Swasta).
2. Diutamakan yang mempunyai pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun bagi lulusan D3 dan I (satu) tahun bagi lulusan SI/S2 dalam memfasilitasi dan mengelola pemberdayaan masyarakat dan atau urusan air minum dan penyehatan lingkungan.
3. Mampu memfasilitasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah (provinsi/ kabupaten/kota/ desa).
4. Mampu mengoperasikan komputer dan menguasai TIK.
5. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik lisan maupun tulisan.
6. Mengenal kondisi sosiokultural masyarakat di tempat tugas, termasuk mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa lokal daerah setempat.
7. Diutamakan berdomisili di daerah setempat dalam lingkup Provinsi NTB.
8. Bersedia bekerja penuh waktu.
9. Apabila dinyatakan Iulus, bersedia untuk menandatangani kontrak kerja dan tidak mengundurkan diri sebelum masa kontrak berakhir.
10.Apabila mengundurkan diri sebelum masa kontrak berakhir, maka yang bersangkutan diwajibkan mengembalikan honorarium yang telah diterima.

E. Persyaratan Pendaftaran

Setiap pelamar melampirkan berkas administrasi sebagai berikut:
1 . Surat Lamaran yang ditanda tangani oleh pelamar dan bermaterai.
2. Daftar Riwayat Hidup.
3. Fotocopy Ijazah yang dipersyaratkan dan Transkip Nilai Akademik yang disahkan oleh pejabat yang berwenang dengan stempel basah (bukan stempel fotocopy), masing-masing sebanyak 1 (satu) lembar.
4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku pada saat pendaftaran sebanyak 1 (satu) lembaL
5. Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar.
6. Surat keterangan dari dokter pemerintah terdiri dari:
a) Surat Keterangan Sehat Jasmani dari dokter umum.
b) Surat keterangan Bebas Narkoba yang dilengkapi dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 bulan terakhir.
7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
8. Surat pemyataan bermaterai yang menyatakan bahwa yang bersangkutan:
a) Tidak mengundurkan diri sebelum masa kontrak berakhir, dan jika mengundurkan diri sebelum masa kontrak berakhir maka yang bersangkutan diwajibkan mengembalikan full honorarium yang telah diterima.
b) Tidak menerima pekerjaan Iain (double job) selama masa kontrak.
c) Mengikuti evaluasi rutin setiap 6 (enam) bulan.
d) Menyelesaikan segala kewajiban terkait tugas fungsi/kinerja selama masa kontrak.
e) Jika melanggar ketentuan (point b — d), maka sekretariat Pokja AMPL mempunyai kuasa penuh melakukan pemutusan kontrak, atas dasar evaluasi pelaksanaan tugas fungsi/kinerja.
9. Berkas administrasi (hardcopy) dikirim via Pos paling lambat 7 Januari 2021, ke alamat:
Kepala Bappeda Provinsi Nusa Tenggara Barat cq. Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Sosial Budaya Jl. Flamboyan No. 2 Kota Mataram Kode Pos 83126 (cap pos)
Bagian pojok kanan atas amplop dituliskan “Seleksi Pendamping Pokja AMPL NTB”

F. Lingkup Tugas

Adapun lingkup tugas Tim Pendamping Pokja AMPL, yaitu:
1. Membantu Pokja AMPL provinsi/kabupaten/kota dalam pengumpulan, tabulasi, pengelolaan dan penyusunan data-data terkait air minum dan penyehatan lingkungan.
2. Menyampaikan secara rutin/berkala berkaitan dengan laporan data air minum dan penyehatan lingkungan yang ada di provinsi/kabupaten/kota kepada sekretariat Pokja AMPL NTB.
3. Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi dengan OPD terkait dalam pelaksanaan/ implementasi program dan kegiatan air minum dan penyehatan lingkungan.
4. Menyampaikan laporan kegiatan sehari-hari yang telah dilaksanakan secara rutin/ berkala kepada Pokja AMPL di kabupaten/kota dan sekretariat Pokja AMPL NTB.

G. Jadwal Seleksi

1. Pengumuman perekrutan 23 Desember 2020 – 7 Januari 2021
2. Seleksi administratif 8 Januari 2021
3. Pengumuman hasil seleksi administratif 8 Januari 2021
4. Seleksi tertulis dan wawancara 11 Januari 2021
5. Pengumuman penerimaan 12 Januari 2021

H. Ketentuan-ketentuan Lain

1. Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun.
2. Berkas seleksi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan yang dipersyaratkan.
3. Panitia seleksi tidak melakukan komunikasi melalui telepon ataupun sarana komunikasi Iainnnya.
4. Keputusan panitia seleksi setiap tahap adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Download Pengumuman di link berikut: Rekrutmen Pendamping Pokja AMPL 2021