Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Kabupaten/Kota se-NTB

Senin, 16 Agutus 2021 didampingi Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Kepala Bappeda Provinsi NTB memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Kabupaten/Kota se-NTB dikuti seluruh perwakilan Bappeda Kabupaten/ Kota se-NTB, Kepala Bea Cukai Wilayah Mataram dan beberapa Perwakilan OPD lingkup Pemprov NTB  terkait, secara daring.

Kepala Bappeda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si., menuturkan pertemuan ini sangat penting dengan tujuan mendalami dan memahami Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau, mengingat saat ini adalah waktu perubahan APBD baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota. “Kita harus melihat persoalan yang perlu mendapat penyelesaian dalam pelaksanaan anggaran yang sedang berjalan”

Doktor Iswandi memaparkan Regulasi DBH CHT berdasarkan Undang-Undang 9 Tahun 2020 dan PMK 206/PMK.07/2020, Perkembangan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Provinsi NTB, strategi tata kelola DBHCHT Provinsi NTB,  dan pembentukan Tim Sekretariat Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Provinsi NTB Tahun 2021.

Dana Bagi Hasil (DBH) adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada Daerah berdasarkan angka presentase tertentu dari pendapatan negara untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi. Penerimaan DBH CHT, baik bagian provinsi maupun bagian kabupaten/kota dialokasikan untuk mendanai program sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan mengenai cukai, dengan prioritas pada bidang kesejahteraan masyarakat sebesar 50%, bidang penegakan hukum 25% dan bidang kesehatan 25%.  Sedangkan penggunanan DBH CHT untuk mendanai program peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan dibidang cukai dan pemberantasan barang kena cukai ilegal.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah