Rapat Klinis Evaluasi Pelaksanaan RKPD dan RENJA Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi Tahun 2019

Mataram – Sebagai tindak lanjut amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tatacara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta Tatacara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD, BAPPEDA Provinsi NTB melakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan RKPD dan RENJA Tahun 2019. Kegiatan evaluasi ini mencakup sasaran dan prioritas pembangunan daerah, serta rencana program dan kegiatan prioritas daerah tahun 2019 yang telah dilaksanakan.

Terdapat 3  hal  utama  dalam  melakukan  evaluasi  terhadap  hasil pelaksanaan  RKPD dan RENJA Tahun 2019 yaitu:

  1. Evaluasi kinerja  RKPD  tahun  lalu yaitu evaluasi  yang  dilakukan  terkait  kinerja  tahun  sebelumnya  merupakan tahapan  dalam  penyusunan  rancangan  awal  RKPD dengan  memperhatikan capaian kinerja RPJMD dan hasil evaluasi kinerja RKPD tahun lalu. Tujuan evaluasi  kinerja  RKPD  tahun  lalu  antara  lain  untuk menilai/mengidentifikasi program dan kegiatan yang belum terealisasikan atau belum terlaksana 100% (seratus persen), untuk diusulkan lagi pada penyusunan RKPD tahun berikutnya;
  2. Review capaian kinerja RPJMD yaitu Kegiatan review capaian prioritas dan target program RPJMD dimaksudkan untuk mengkaji arah kebijakan serta prioritas dan target kinerja program di  tahun  rencana,  dengan  mempertimbangkan  pencapaian  target  kinerja sampai  dengan  tahun    Hasil  kajian  tersebut  digunakan  sebagai masukan  dalam  merumuskan  permasalahan  pembangunan  dan perumusan  prioritas  dan  sasaran  pembangunan  RKPD  tahun  rencana, dengan tujuan agar target kinerja RPJMD di akhir tahun  periode RPJMD dapat tercapai;
  3. Evaluasi Pelaksanaan RKPD sampai Tahun Berjalan yaitu Evaluasi yang meliputi seluruh  program  dan  kegiatan  yang  dikelompokkan  menurut  kategori  urusan  wajib/urusan  pilihan  pemerintahan  daerah.

Kegiatan evaluasi pelaksanaan RKPD dan RENJA Tahun 2019 dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai Selasa-Jumat, 21-24 Januari 2019 oleh Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Perencanaan Pembangunan dengan seluruh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTB. Hasil dari evaluasi pelaksanaan RKPD dan RENJA Tahun 2019 akan memberikan manfaat masukan dalam perencanaan tahun berikutnya sekaligus gambaran sejauhmana progres pelaksanaan program/kegiatan pembangunan daerah, serta menjadikan hasil evaluasi pelaksanaan RKPD Tahun 2019 sebagai basis data untuk keperluan evaluasi-evaluasi lainnya. (sugeng-evapol)