Rapat Evaluasi Progres Pelaksanaan Program/Kegiatan Dana APBN Sampai Triwulan IV Tahun Anggaran 2020

Rapat Evaluasi Progres Pelaksanaan Program/Kegiatan Dana APBN Sampai Triwulan IV Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan di Ruang Rapat Samota mulai Selasa, 19 Januari 2021 hingga Kamis 21 Januari 2021. Kegiatan Evaluasi dilaksanakan selama tiga hari dengan dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja (Satker) dari Perangkat Daerah (PD) lingkup Provinsi NTB penerima Dana APBN (tugas Pembantuan dan Dekonsentrasi). Beberapa diantara PD penerima dana APBN adalah Satker pada Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda, dll.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan Amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2006 Tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan. Kegiatan evaluasi tersebut kemudian dirangkaikan dengan asistensi penginputan pelaporan program/kegiatan tersebut sampai Triwulan IV Tahun anggaran 2020 kedalam aplikasi e-Monev Bappenas.

Rapat evaluasi dilakukan untuk penyempurnaan dan melengkapi laporan pelaksanaan progres pelaksanaan Program/Kegiatan yang bersumber dari Dana APBN Tahun Anggaran 2020, karena dalam pelaporan pelaksanaan program kegiatan dimaksud masih terdapat permasalahan antara lain: (a) Terdapat beberapa OPD Pelaksana Kegiatan DAK TA 2020 yang belum menginput realisasi keuangannya hingga Desember pada aplikasi e-monev Bappenas; (b). Masih terdapat beberapa kegiatan yang tidak dirinci; dan (c) terdapat beberapa item kegiatan yang tidak direalisasi tetapi tidak ada keterangan permasalahan atau kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan item kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan merinci jenis kegiatan pada masing-masing Satker serta permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan. Sebagai contoh, pada Satker 230071 Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kegiatan yang dilaksanakan adalah Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan, Peningkatan Wawasan Pemuda, dan Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga.

Jenis kegiatan yang dilaksanakan pada Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga adalah makan minum dan kebutuhan sehai-hari atlit selama 1 tahun, fasilitasi uang saku atlit, tes pengkuran fisik dan kesehatan atlit (obat-obatan) dan perlengkapan bertanding dan latihan. Beberapa kendala yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan ini adalah akibat adanya wabah covid-19, seluruh atlet dirumahkan  dengan melaksanakan latihan mandiri di rumah masing-masing sejak Maret-Desember 2020, tetapi hak atlit berupa makan minum tetap dipenuhi, selain itu Kejuaraan Nasional tidak dilaksanakan tetapi uangnya dialihkan ke pembelian nutrisi atlit serta Pemberian hak atlit terkendala adminitrasi karena anggaran baru bisa dicairkan mulai Bulan April, sedangkan atlit harus sudah diberikan hak sejak Bulan Januari. Namun meskiipun demikian, capaian realisasi kegiatan ini mencapai 100% dengan serapan anggaran sebesar 98,33 %.