PENDIDIKAN INKLUSI KABUPATEN LOMBOK TENGAH AKAN MENJADI BEST PRACTICE DALAM SDGs 2021

Mataram, 24 Mei 2021.

Sebagai upaya memaduserasikan capaian/Kegiatan/indikator TPB/SDGs di Kabupaten/Kota, Tim SDGs Provinsi NTB melakukan kunjungan lapangan di Kabupaten Lombok Tengah. Kunjungan lapangan kali ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Lombok Tengah. Dalam kesempatan tersebut Tim SDGs Provinsi NTB, menyampaikan bahwa penyelarasan ini dilakukan guna memastikan kegiatan yang dilaksanakan telah on the track, sehingga capaian SDGs Provinsi nantinya akan lebih progresif.

“Provinsi NTB berencana akan melakukan roadshow ke Kabupaten/Kota dalam rangka mendorong Kabupaten/Kota menyusun RAD TPB/SDGs, walaupun kabupaten/kota tidak diharuskan membuat RAD tetapi hal ini penting untuk segera disusun mengingat semua program/kegiatan saat ini mengacu ke RAD TPB/SDGs, RAD sendiri adalah roadmap yang dapat dijadikan acuan untuk percepatan pencapaian Tujuan TPB/SDGs dan Bappeda Kabupaten Lombok Tengah menyambut baik rencana ini”

Pada kesempatan yang sama, Kabid Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Lombok Tengah Rahardian menyampaikan bahwa, RAD SGDs kabupaten Lombok Tengah akan disusun sembari menunggu Revisi RAD SDGs Provinsi NTB selesai sehingga nantinya Kabupaten hanya melakukan penyesuaian saja, terang Rahardian.

Laporan Progres capaian Program/Kegiatan untuk semester I tahun 2021 dalam proses penysunan, menurut Rahardian, laporan semester I SDGs Kabupaten Lombok Tengah on going dan tengah melakukan penyesuaian program kegiatan mengacu permendagri 90 tahun 2019, Program/kegiatan ini akan di petik dari Simda Kabupaten Lombok Tengah sesuai OPD pendukung, jelas Rahardian.

“Best Practise SDGs kabupaten Lombok Tengah akan menampilkan pendidikan inklusi yang saat ini sedang di kembangkan di beberapa sekolah. Menurut Rahardian, Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus serta memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Pada pendidikan dasar, kehadiran pendidikan inklusi ini perlu mendapat atensi lebih, tutup Rahardian.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah