Musrenbang Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022

Sekretaris Bappeda Provinsi NTB, Dr. Mahjulan, MP., menjadi narasumber dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022 dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah (RKPD) Tahun 2023. dihadiri perangkat daerah terkain lingkup Kabupaten Sumbawa Barat,Kamis 17 Maret 2022.

Sekretaris Bappeda menyampaikan tema pembangunan Tahun 2023 dari Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nasional ialah Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan. Sedangkan tema pembangunan dari RKPD Provinsi NTB ialah Peningkatan Produktivitas Industri dan Diversifikasi Ekonomi yang Inklusif Untuk Mewujudkan Kegemilangan NTB yang Berkelanjutan.

Arah Kebijakan RKPD NTB Tahun 2023 antaralain: 1. Penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah melalui peningkatan capaian vaksinasi, jaminan kesehatan, dan penguatan sektor produktif (pertanian, industri, infrastruktur); 2. Peningkatan kualitas SDM melalui layanan kesehatan berkualitas, layanan pendidikan, dan pendidikan vokasi; 3. Peningkatan industrialisasi sektor unggulan daerah melalui pengembangan industri pengelolaan, pengembangan industri kreatif, dan pengembangan ekonomi Hijau-Biru-Sirkular; 4. Perluasan lapangan kerja melalui penyediaan akses lapangan kerja, membangun kemitraan dengan dunia usaha, dan peningkatan investasi; 5. Peningkatan pendapatan daerah melalui pengembangan potensi sumber pendapatan daerah, peningkatan layanan publik, dan peningkatan sarana prasarana; 6. Infrastruktur layanan dasar yang mendukung penanggulangan kemiskinan, industrialisasi, diversifikasi ekonomi, kesiapsiagaan bencana, dan kualitas lingkungan; 7. Target Penurunan kemiskinan menjadi SATU DIGIT dan penanggulangan kemiskinan ekstrim melalui gerakan multipihak. Doktor Mahjulan berharap Percepatan Pembangunan Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2023 dapat berdampak besar dari segi pengembangan pariwisata, dan pertumbuhan ekonomi.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah