Monitoring Dan Evaluasi Program Generasi Emas NTB 2025 (GEN 2025) Pemantauan Ibu Hamil Di Kabupaten/Kota Se Pulau Sumbawa Provinsi NTB Tahun 2019

Generasi Emas NTB (GEN) adalah generasi yang dipersiapkan dengan terencana untuk membentuk manusia NTB yang bertaqwa, cerdas, sehat dan produktif di tahun 2025, artinya cerdas secara intelektual dan spiritual, sehat, bergizi baik dan umur panjang serta produktif secara sosial dan ekonomis.

Generasi Emas NTB saat ini menjadi cermin kondisi NTB pada masa yang akan datang, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama lintas sektor untuk mewujudkan generasi yang lebih baik dan berkualitas. Dibutuhkan generasi yang mampu membawa NTB keluar dari ketertinggalan, baik ketertinggalan dari segi ekonomi, pendidikan, teknologi dan kesehatan.

Pada tahap awal (2015-2016), rintisan program telah dilaksankan di 10 Desa di Lombok Timur (6 Desa) dan Lombok Tengah (4 Desa). Untuk mempercepat perwujudan misi program, pada tahun 2017 akan dilakukan perluasan sasaran ke 100 desa/ kelurahan dengan ditetapkan 10 desa/ kelurahan perkabupaten/kota.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka pada tanggal 31 September s/d 9 Oktober 2019 telah dilaksanakan Moitoring dan Evaluasi Program Generasi Emas NTB (GEN 2025 di Kabupaten/Kota Se Pulau Sumbawa. Kabupaten/Kota di pulau Sumbawa yang di kunjungi antara lain :

  1. Kabupaten Bima 31 september s/d 2 Oktober 2019 di Desa Sondosiah
  2. Kota Bima 31 September s/d 2 Oktober 2019 di Desa Sadia
  3. Kabupaten Dompu 3 Oktober s/d 5 Oktober 2019 di Desa Wawonduru
  4. Kabupaten Sumbawa 7 Oktober s/d 9 Oktober 2019 di Desa Pekat
  5. Kabupaten Sumbawa Barat  7 Oktober s/d 9 Oktober 2019 di Desa Air Suning

Monitoring dan Evaluasi dinas dalam rangka pemantauan ibu hamil yang telah didampingi oleh Bidan Desa GEN di Kabupaten/Kota se Pulau Sumbawa ini dilaksanakan oleh Tim Sekretarian GEN dengan didampingi Oleh Koordinator GEN di Kabupaten/Kota masing-masing.

Tujuan dilaksankannya kegiatan ini antara lain :

  1. Melakukan Monitoring dan Evaluasi pemantauan pendampingan ibu hamil yang telah didampingi oleh Bidan Desa GEN sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 di  Kabupaten/Kota se Pulau Sumbawa.
  2. Melakukan advokasi PelaksanaanProgram Generasi Emas Nusa Tenggara Barat di tingkat Kabupaten/Kota Locus GEN.
  3. Memantau Progres Intervensi GEN di desa/ Kelurahan Locus GEN.
  4. Memantau Perkembangan Anak yang dilahirkan oleh Ibu hamil yang didampingi oleh Program Generasi Emas Nusa Tenggara Barat, 5 orang anak perdesa untuk sample.
  5. Memantau Kinerja Koordinator Kabupaten/Kota Generasi Emas Nusa Tenggara Barat