Laksanakan Monev Terpadu, NTB sambut Tim dari Pusat dan UNICEF

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda NTB Huailid, S.Sos.,M.Si menghadiri silaturahmi sekaligus rapat persiapan kegiatan monitoring terpadu kementerian Lembaga di Provinsi NTB, program Kerjasama pemerintah RI-UNICEF periode 2021-2025, tahun anggaran 2023. Selasa 6 Juni 2023.

Dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi. Ia sampaikan terimakasih atas dukungan yang sudah UNICEF lakukan di NTB. Terkait monitoring yang akan dilakukan selama dua hari, pada 7 dan 8 Juni 2023. Sekda harapkan agar  Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan dan Kabupaten Lombok Timur dapat berikan potret kendala yang dihadapi dan progress yang sudah dicapai. “Kami juga sangat membutuhkan dan berkepentingan untuk mengetahui hasil visitasi besok. Untuk akselerasi program pembangunan generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Selanjutnya, perwakilan dari Bappenas RI sampaikan bahwa salah satu tujuan monitoring adalah melihat sinkronisasi antara keselarasan kebijakan antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam melaksanakan program yang didukung UNICEF. “Dukungan ini untuk percepat pencapaikan target di daerah, sebagai daya ungkit dan katalisator,” tambahnya.

“Kami sangat berharap dari pemantauan terpadu ini bisa jadi bagian kebijakan di daerah yang bisa direplikasi. Juga jadi bagian Kerjasama pusat dan daerah untuk percepatan pemenuhan hak anak secara komprehensif di Indonesia,” pungkasnya menutup sambutannya.

Sementara itu Kepala Perencanaan UNICEF Indonesia, Silas Rapold  juga sampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah NTB yang telah bersedia menjadi jadi tuan rumah, dan bersedia untuk memajukan pemenuhan hak-hak anak.  “Selama dua hari ini kami menyambut masukan, ingin mendengar manfaat dan hasil dari program oleh mitra. Ingin tahu faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan. Juga menyambut baik masukan untuk pelaksanaan yang lebih efektif,” ujarnya.

Sangat mengapresiasi capaian pemenuhan hak anak oleh Pemerintah Daerah di NTB. Silas berharap kunjungan ini dapat berjalan baik dan sukses. (Id)