Kick-Off Meeting Perumahan, Permukiman, Air Minum, dan Sanitasi (PPAS) Provinsi NTB Tahun 2021

  Senin, 7 Juni 2021, Sesuai dengan isi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 dan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, Penyedian tempat tinggal dan lingkungan hidup yang layak, baik, dan sehat bagi warga negara adalah tanggung jawab negara yang harus imbangi dengan penyediaan air minum dan sanitasi memadai maka membutuhkan koordinasi multisektor dan multiaktor.

Mempertimbangkan hal tersebut  Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat melalui kelompok kerja Perumahan, Pemukiman, Air Minum, dan Sanitasi (Pokja PPAS)  menyelenggarakan  Kick-Off Meeting (PPAS) dengan tema  “Sinergi Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota dalam Pembangunan Perumahan Pemukiman Air Minum Serta Sanitasi Demi Terwujudnya Akses Layak dan Aman Serta Berkelanjutan“  yang diikuti oleh Pokja/PKP Provinsi NTB, Pokja/PKP, AMPL, PPAS setiap kabupaten/kota Se-Provinsi NTB secara Daring,  dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia mewakili Kepala Bappeda Provinsi NTB .

Mewakili Kepala Bappeda NTB, Hualid, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa meskipun sedang terdampak Covid-19, pembangunan daerah Nusa Tenggara Barat harus berlanjut apalagi pembangunan yang menyangkut pemenuhan  hak-hak dasar negara. Maka dari itu pemerintah daerah akan  tetap berkomitmen mewujudkan pembangunan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Kegiatan tersebut juga berisikan presentasi dan diskusi panel yang diisi oleh para Narasumber dari Direktur Perumahan dan Perkotaan Bappenas RI, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah II Ditjen Bangda Kemendagri, dan Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah : 1. Sinkronisasi arah kebijakan pembangunan perumahan permukiman, air minum, dan sanitasi sesuai target RPJMN 2020-2024 di nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. 2. Sinkronisasi Pelaksanaan dan perencanaan kegiatan pembangunan perumahan permukiman, air minum dan sanitasi target RPJMN 2020-2024 di Nasional, provinsi dan kabupaten/kota. 3. Sinkronisasi rencana kerja pokja  2024 di nasional, provinsi, dan kabupaten/kota dalam  pembangunan perumahan pemukiman , air minum, dan sanitasi tahun 2021.

#NTBGEMILANG

#NTBTangguhDanMantap

#NTBBersihDanMelayani

#NTBSehatDanCerdas

#NTBAsriDanLestari

#NTBSejahteraDanMandiri

#NTBAmanDanBerkah