Kegiatan Jumat Salam di Desa Baru Tahan, Kabupaten Sumbawa

Sekretaris Bappeda NTB, Dr. Mahjulan, SP., MP., bersama tim bidang lingkup Bappeda NTB melakukan kegiatan Jumat Salam (Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat) di Desa Baru Tahan, Kabupaten Sumbawa. Jumat 3 November 2023.

Bertemu Kepala Desa Baru Tahan, Bapak Abdul Hamid, Doktor Mahjulan menyampaikan kegiatan Jumat Salam ini untuk membangun silaturahmi dan menyapa ke masyarakat, serta melihat perkembangan, masalah yang dihadapi ataupun informasi praktik baik yang ada di desa untuk perumusan APBD 2024.

Kades Baru Tahan manyanpaikan ada perbedaan keunggulan di desa ini, yaitu  pertanian padi dan jagung di UMKM, ada yang diolah menjadi kopi jagung, dimana kegiatan ini dilakukan oleh ibu-ibu pkk dan majelis taklim, terlebih lagi produk sudah memiliki label halal.

“Kami di desa sangat mengapresiasi bantuan-bantuan dana yang telah diberikan pemerintah provinsi terutama bantuan dalam hal kemiskinan, dimana kemiskinan di desa kami terus mengalami penurunan”, sampaikan Abdul Hamid.

“Dari bantuan yang diberikan ke desa, kita inisiatif memberikan bantuan berupa kompor, wajan, bahan-bahan makanan agar diolah dan dijual sehingga menjadi UKM. Ini kemudian membantu mengurangi kemiskinan desa memberikan” lanjutnya.

Di desa yang semula terdapat 5 KK miskin ektrim pada akhir Tahun 2022, setelah kita beri bantuan dan pelatihan agar bisa menambah penghasilan melalui UKM, alhamdulilah bisa keluar dari miskin ekstrim dan setelah dilakukan verval desa kami nol miskin ekstrim”, pungkas Abdul Hamid.

Dalam hal penurunan stunting kami di desa terus melaksanakan program Dapur Sehat. dimana ibu-ibu PKK diberikan pelatihan terkait jenis-jenis makanan sehat dan bergizi untuk anak terdampak stunting maupun untuk ibu hamil.

Sekretaris bappeda mengapresiasi perangkat desa maupun masyarakat sehingga kegiatan atau program yang ada terus berjalan terus berjalan dengan baik. “miskin ekstrim menjadi nol di Desa Baru Tahan patut diapresiasi karna itu salah satu goals program nasional tahun 2024 untuk menurunkan miskin ekstrim hingga nol persen. kedepan harapannya Desa Baru Tahan bisa menjadi perncontohan bagi desa-desa lain dalam menanggulangi kemiskinan”, sampaikan doktor mahjulan.