Integrasikan isu air, sanitasi, dan kebersihan dalam RPD, Bappeda NTB Inisiasi Rakor Pokja PPAS.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi NTB, H. Huailid, S.Sos., M.si., memimpin Rapat Koordinasi Pokja PPAS  Untuk Integrasi Isu Air, Sanitasi dan Kebersihan dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi NTB Tahun 2024-2026. Dihadiri perangkat daerah terkait lingkup Pemerintah Provinsi NTB serta Mitra Pembangunan, kegiatan dilaksanakan secara daring maupun luring. Ruang rapat Geopark Bappeda NTB, Senin 17 April 2023.

Dalam rangka merumuskan rancangan strategi dan kebijakan untuk mendukung manajemen WASH yang berkelanjutan dalam pencapaian target SDGs. Forum akan membahas mengenai pembagian peran para pihak untuk tata kelola program WASH sesuai tusi OPD dan peran mitra pembangunan daerah. Juga design rancangan monev program WASH untuk mendukung capaian target kinerja RPD.

Huailid menyampaikan Provinsi NTB saat ini sedang menyusun rencana pembangunan daerah transisi selama 3 tahun (2024-2026). Dalam dokumen tersebut perlu memasukkan isu-isu strategis daerah, dimana Pemerintah Provinsi NTB memasukkan isu WASH dalam pilar  utama kedua yaitu planet dan lingkungan.

“Hal ini menunjukkan betapa pentingnya isu WASH di NTB sekaligus menjadi prioritas utama dalam 3 tahun kedepan. Isu air, sanitasi dan kebersihan yang telah tertuang dalam beberapa dokumen sektoral tersebut tentunya harus diintegrasikan dengan perencanaan pembangunan daerah (RPD 2024-2026). Untuk menjadi lebih kongkrit pelaksanaannya dengan penganggaran daerah”, pungkasnya.

Menurutnya, perkembagan 5 Pilar STBM di NTB pada Tahun 2022 adalah tahun prestasi NTB di bidang sanitasi. Dimana 4 Kabupaten/Kota telah ditetapkan sebagai kabupaten/kota tuntas 5 pilar STBM. “Harapannya Tahun 2023 semua Kabupaten/Kota di NTB dapat menuntaskan 5 pilar STBM”, lanjutnya.

Menutup paparannya, hualid sampaikan kinerja PPAS. “Saat ini Pokja PPAS Provinsi NTB terus melakukan penguatan peran dengan strategi sinergitas perencanaan pelaksanaan, monitoring dan pengendalian kegiatan-kegiatan. Serta fokus pada pengembangan perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi. Dengan tujuan mewujudkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, seperti rumah yang layak dan terjangkau, permukiman yang aman, sehat dan berkelanjutan, akses layanan air minum dan sanitasi, serta akses utilitas lainnya”, imbuhnya.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah