FPD Jadi Ajang Hasilkan Perencanaan Membumi

Kepala Bidang Infrastruktur & Kewilayahan Bappeda NTB, Agus Hidayatullah, ST., menjadi narasumber dalam Forum Perangkat Daerah Dinas Komunikasi, informasi dan statistik Provinsi NTB.  Bertempat di ruang rapat diskominfotik NTB, Agus Hidayatullah sampaikan bahwa FPD ini adalah bagian dari proses penyusunan RPD. Hal ini berlaku bagi semua daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir tahun 2023. 22 Februari 2023.

Oleh karena itu dalam forum ini diharapkan dapat mengundang berbagai pihak seperti pemerintah pusat, akademisi, mitra, serta OPD terkait lainnya. Ia juga harapkan agar forum berikan banyak masukan pada dokumen outline RPD yang sudah disusun Bapppeda NTB.

“Tolong kritisi, sesuai dengan situasi aktual dan kontekstual baik di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi” ujarnya.  Sehingga dokumen yang dihasilkan dapat membumi.” Dari pusat perlu sampaikan apa rencana pusat untuk NTB tiga tahun kedepan” tambahnya.

Menurutnya, setelah RPD jadi, substansinya juga akan menjadi acuan Rencana Strategi dari setiap OPD. Oleh karena itu, masukan dari mitra akademisi berupa best paraktis dari wilayah lain jadi sangat penting dalam proses ini. “Isu strategis, best line data dan semua hal bisa dikritisi” ungkapnya.

Ditargetkan selesai pada bulan maret, Agus Hidayatullah jelaskan, menurut hasil penelusuran Bappeda NTB, masalah utama dari pembangunan di NTB saat ini karena masih rendahnya produktifitas. Oleh karena itu untuk mencapainya, Bappeda NTB telah sisir 12 isu percepatan pertumbuhan dan transformasi, 3 diantaranya terkait dengan Diskominfotik. yaitu pengembangan pariwisata bersakala internasional, pembangunan infrastruktur kenektivitas intra dan antar wilayah kepulauan, dan Pengembangan pusat ekonomi berbasis komoditas unggulan fokus pada produksi dan produktivitas.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah