Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2022 Kabupaten Lombok Barat

Kamis, 21 Januari 2021 Kepala Bappeda Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Perencanaan Pembangunan (PEP3), Dr. Mahjulan, SP., MP menjadi narasumber pada acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2022 Kabupaten Lombok Barat di Hotel Aruna – Senggigi.  Acara di selenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Lombok Barat dengan materi Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi.

Beberapa hal yang menjadi arah kebijakan dan strategi pembangunan  yang tertuang dalam RPJMD Provinsi NTB Periode 2019 – 2023, yaitu :

  1. Pemulihan sosial ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 dengan strategi :

a.) Penguatan sektor kesehatan dalam rangka pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 ; b.) Jaring    Pengaman Sosial (JPS);

c.) Penanganan dampak ekonomi pasca pandemi Covid-19.

  1. Meningkatkan nilai tambah ekonomi dengan strategi :

a.) Mengoptimalkan pertanian/agribisnis dan investasi , serta penyerapan tenaga kerja melalui kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha/Swasta;

b.) Pemulihan  dan pengembangan sektor/aktivitas pariwisata;

c.) Mengembangkan industri olahan dan alat mesin berbasis pertanian, kehutanan, pertambangan  dengan pola kemitraan;

d.) Meningkatkan konektivitas wilayah dan kinerja pelayanan infrastruktur jalan, sumber daya air dan energi , terutama pada Kawasan Strategis Provinsi (KSP).

  1. Memastikan inklusivitas dan keberlanjutan pembangunan ekonomi, dengan strategi;

a.) Mendorong pemerataan pembangunan antar wilayah;

b.) Mendorong pemerataan pendapatan antar kelompok masyarakat;

c.) Memperluas akses terhadap kesempatan kerja dan peluang berusaha serta

d.) Menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Dalam forum tersebut, Kepala Bidang PEP3 Bappeda Provinsi NTB menyampaikan juga perlunya kerjasama Pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka percepatan pencapaian Program-program Unggulan Provinsi NTB seperti : Desa Tangguh Bencana (Destana), Air Bersih Untuk Semua, NTB Terkoneksi, SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), Jamban Keluarga (BASNO/BABS), Revitalisasi Posyandu, Rumah Layak Huni, PAUD Holistic Integratif, Zero Waste dan Bank Sampah, Melawan Kemiskinan dari Desa (Penanggulangan Kemiskinan), Pertanian Modern/Lestari, KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari, Bumdes Maju/Mahadesa, Ramah Investasi, Penataan Desa Wisata, Industri Alat dan Mesin, UMKM Bersaing, Bela Beli Produk Lokal, Kampung Madani dan Sehat, Mawar Mas (Melawan Rentenir Berbasis Masjid).

Selain itu juga diperlukan sinergitas, integrasi, harmonisasi dalam perencanaan pembangunan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

#NTBGEMILANG

#NTBTangguhDanMantap

#NTBBersihDanMelayani

#NTBSehatDanCerdas

#NTBAsriDanLestari

#NTBSejahteraDanMandiri

#NTBAmanDanBerkah