Focus Group Discussion Industrialisasi Garam di BPKP Provinsi NTB

Sulistio Hariningsih, S.Si, selaku Sub Koordinator Perikanan mewakili Bappeda Provinsi NTB menghadiri FGD Industrialisasi Garam di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi NTB. Berdasarkan hasil diskusi diperoleh kesimpulan sebagai berikut :

  1. Dari hasil total produksi garam NTB sebesar 108 ton hanya 46 ton yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan (surplus).
  2. Garam NTB dari segi kuantitas sudah memenuhi namun dari segi kualitas belum memenuhi sehingga belum diterima di pasaran luar untuk memenuhi garam industri ( belum K1).
  3. Permasalahan yang terjadi pada teknologi, pemasaran dan implementasi kebijakan.
  4. Industrialisasi garam NTB saat ini hanya dikerjakan dinas kelautan perikanan seharusnya hal ini menjadi tanggungjawab dari dinas terkait juga ( Disdag, Disperind, Diskop, DPMPTSP, BUMD dll) dengan proses yang tepat dari hulu sampai hilir.
  5. Pendanaan tidak cukup hanya dari APBN, APBD dan APBD1, maka dibutuhkan investor untuk mendukung teknologi dan pemasaran, sehingga arah kebijakan sektor ekonomi berbasis industri sebagai penopang ekonomi NTB akan terlaksana.
  6. Ada dukungan pendampingan start up oleh BRIDA, untuk meningkatkan mutu, teknologi sesuai standar dan pemasaran dengan digitalisasi.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah