FGD Diversifikasi Ekonomi untuk Daerah Kaya Sumber Daya Alam dan Trategi Pemulihan Ekonomi Daerah di masa Pandemi Covid-19

Kepala Bappeda Provinsi NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si., menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada FGD Diversifikasi Ekonomi untuk Daerah Kaya Sumber Daya Alam dan Trategi Pemulihan Ekonomi Daerah di masa Pandemi Covid-19 berkolaborasi bersama Article 33 Indonesia.  Dihadiri Asistes III Setda NTB, Direktur Article 33 Indonesia, bertempat di Hotel Lombok Astoria, Kamis 7 Oktober 2021.

Doktor Iswandi menyampaikan Focus Group Discussion membahas tentang diversifikasi ekonomi yang dilaksanakan penelitian oleh artikel 33 Indonesia terutama di daerah-daerah yang tergolong kaya sumber daya alam dan diskusi tentang strategi pemulihan ekonomi di daerah khusunya NTB.

Mengadirkan beberapa ahli, kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun data dan hasil berbagai sebagai masukan untuk merumuskan kebijakan yang baik dan unggul dalam rangka mendukung pembangunan industrialisasi dan mempercepat penurunan kemiskinan di Nusa Tenggara Barat serta merumuskan strategi pemulihan ekonomi di dalam masa pandemi ini.

“Kegiatan sebagai bahan masukan penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022 sehingga persoalan-persoalan yang berkaitan dengan diversifikasi ekonomi yang perlu kita lakukan untuk memacu atau mengakselerasi program industrialisasi yang dicanangkan oleh Bapak Gubernur dapat berjalan sesuai dengan harapan”,Ungkap Doktor Iswandi.

Pada kesempatan yang sama, Santoso melalui daring selaku Direktur Article 33 Indonesia menyampaikan perlunya membangun strategi untuk bangkit dan tumbuh di masa pandemi Covid-19. “Kami dari artikel Indonesia sedang membantu dan bekerjasama dengan beberapa daerah Jawa dan salah satunya ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini untuk bersama-sama membangun strategi pemulihan ekonomi.”

“Jadi karena ini saatnya untuk bangkit dan Saatnya untuk tumbuh kembali. Maka penting untuk menyepakati dan merumuskan Langkah apa yang harus kita lakukan”, singkatnya.

Mewakili Gubernur NTB Asisten III Setda Provinsi NTB, Dr. Hj. Nurhandini Eka Dewi sebelum membuka acara berpesan “semoga hasil ini memberikan manfaat dan sebagai salah satu solusi alternatif bagi model pendekatan penanganan ekonomi maupun pasca adanya pandemi Covid-19, kita berharap tahun depan kita sedang memasuki masa endemis”.

Beliau mengungkapkan diversifikasi ekonomi di masa pada hari ini strategis dilakukan untuk menambah daya dorong perekonomian daerah dan diharapkan bisa menjadi strategi khusus untuk mendorong ekonomi NTB keluar dari masa kritis, “kita punya tiga potensi sumber daya terutama di bidang tambang sektor industri pariwisata dan sektor ketahanan pangan yang bisa dikembangkan lebih jauh” tutupnya.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah