DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI PANDEMI COVID-19 DI DAERAH PASCA BENCANA

Kamis 25 Februari 2021, Diskusi terkait dampak sosial dan ekonomi pandemi covid-19 di daerah pasca bencana melalui Zoom meeting yang dibuka langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat. Dalam diskusi ini Kepala Bappeda NTB Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si, tampil menjadi nara sumber untuk menyampaikan materi tentang Respon Anggaran Komprehensif Bencana di Provinsi NTB.

Bencana alam yang terjadi pada pertengahan 2018 di Nusa Tenggara Barat (NTB)  dan Sulawesi Tengah menyebabkan kerugian social dan ekonomi yang besar dan mendorong rumah tangga untuk jatuh kedalam kemiskinan Proses pemulihan masih berjalan di kedua lokasi selama dua tahun pasca bencana.  Akan tetapi, rumah tangga telah merasakan dampak negative dari pandemic COVID-19.

UNDP, UNICEF, dan SMERU bekerja sama melakukan kajian cepat atas dampak social ekonomi akibat pandemic COVID-19 pada rumah tangga diarea pasca bencana yang terdampak paling parah.

Dari kajian cepat ini mendapat Tujuh temuan yang meliputi

  1. Sebagian besa rrumah tangga dalam studi ini terdampak bencana alam tahun2018 dan masih belum sepenuhnya pulih.
  2. Bagi separuh rumah tangga, kehilangan pekerjaan/pendapatan adalah dampak paling signifikan dari pandemic COVID-19.
  3. Pandemi COVID-19 mengganggu akse srumah tangga kelayanan pendidikan dan kesehatan.
  4. Pandemi COVID-19 menyebabkan ketegangan psikologis.
  5. Rumah tangga berpendapatan rendah tidak memiliki strategi koping yang memadai untuk melawan dampak pandemic COVID-19.
  6. Dukungan eksternal sangat penting; namun, banyak rumah tangga berpendapatan rendah tidak menerimanya.
  7. Rumah tangga yang menderita kerugian ekonomi berat karena bencana alam tahun 2018 juga cenderung menderita kerugian ekonomi berat selamapan demi COVID-19.

Kesimpulan dan saran yang disampaikan oleh Kepala Bappeda NTB antara lain ; Dengan keterbatasan APBD, masih diperlukan bantuan pemerintah pusat untuk mengatasi keterbatasan APD, Alkes, obat-obatan untuk penanganan Covid-19, Memasuki Era New Normal dan suasana ketidak pastian kapan Covid-19 berakhir Pemerintah Pusat agar mengalokasikan kembali dana transfer ke daerah, Khusus untuk menggeliatkan kembali ekonomi maka diperlukan langkah-langkah strategis dan kebijakan khusus untuk pemberdayaan UMKM,  dan pengutamaan penggunaan produk lokal serta mengembangkan model bisnis berbasis digital dan upscaling UMKM.

#NTBGEMILANG

#NTBTangguhDanMantap

#NTBBersihdanMelayani

#NTBSehatDanCerdas

#NTBAsriDanLestari

#NTBSejahteraDanMandiri

#NTBAmanDanBerkah