Bappeda Provinsi NTB melakukan Koordinasi SDGs dengan Kabupaten Bima.

Sekretariat SDGs NTB yang digawangi oleh Bappeda NTB melakukan Rapat Koordinasi SDGs dengan Kabupaten Bima. Berlokasi di Kantor Bappeda Kabupaten Bima, kegiatan ini berlangsung pada hari senin, tanggal 25 Oktober 2022.

Kegiatan ini membawa dampak baik bagi pemerintah daerah di Kabupaten Bim. Jadi mengetahui tentang tujuan, prinsip dan indikator SDGs dimana ada 17 tujuan, 124 target dan 119 indikator yang menjadi kewenangan kabupaten/kota. Pemetaan target dan indikator tersebut merupakan pengembangan dari metadata I TPB/SDGs yang dilakukan oleh sekretariat SDGs NTB. Dimana pada metadata I terdiri dari 17 tujuan, 94 target.

Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi ini. Masing-masing perangkat Daerah di kabupaten  Bima akan memetakan program/kegiatan pada masing-masing perangkat daerah yang sesuai dengan pencapaian tujuan SDGs sampai dengan tanggal 5 November 2022. Kemudian hasil pemetaan akan disampaikan dalam bentuk laporan SDGs berupa matrik 2b (program/kegiatan dan realisasi kegiatan yang mengacu pada pencapaian SDGs) akan diserahkan ke Provinsi pada semester 1 dan semester 2, dimana tiap semenster diterima 15 hari setelah semester berjalan.

Selain itu, Provinsi dan kabupaten juga akan menyelaraskan Indikator SDGs dengan seluruh proses perencanaan daerah. Hal ini perlu dilakukan karena sebenarnya kerja-kerja di perangkat daerah yang sudah tertuang pada program/kegiatan sebenarnya mendukung pencapaian SDGs tetapi perangkat daerah belum mengetahui bahwa pencapaian itu merupakan juga pencapain dari SDGs, sehingga dengan rakor ini perangkat daerah menjadi lebih memahami SDGs.

#NTBGEMILANG
#NTBTangguhDanMantap
#NTBBersihDanMelayani
#NTBSehatDanCerdas
#NTBAsriDanLestari
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBAmanDanBerkah