APHT Paok Motong Diresmikan, Potensial Menyerap Banyak Tenaga Kerja.

Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat serius tingkatkan industrialisasi. Salah satunya dengan diresmikannya Aglomerasi Pabrik Hasil Tembakau atau APHT di Desa Paok Motong, Kabupaten Lombok Timur. Terus mengalami peningkatan produksi tembakau dari tahun ke tahun, hilirisasinya jadi sangat penting untuk didorong. Selain memberantas rokok illegal, keberadaan APHT sebagai bentuk industri juga tentunya akan meningkatkan kesejahteraan, membuka lapangan pekerjaan. 

Diresmikan langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat. Dr.Zulkieflimansyah yang biasa disapa Bang Zul sampaikan dalam sambutannya, bahwa kemiskinan suatu daerah disebabkan karena ketidakberanian daerah tersebut mengolah produk mentah. “Sudah saatnya sekarang kita mengatakan enough is enough, karena NTB juga ingin sejajar dengan daerah lain” ujarnya.

Serius mendorong adanya APHT, Kepala Bappeda NTB, Dr.Iswandi juga sampaikan bahwa APHT yang dibangun sejak tahun 2021 hingga tahun 2022 dengan anggaran yang bersumber dari DBH CHT Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB ini diharapkan mampu mengakomodir pengusaha rokok kecil yang belum mendapatkan NPPBKC. Hal ini penting untuk menjamin kepastian bisnis pengusaha, juga mengurangi peredaran rokok ilegal sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan negara dan daerah dari cukai yang meningkat.

Akan menyerap 1.000 pekerja lebih, Kepala Bappeda NTB sampaikan bahwa Pemerintah daerah telah lakukan proses sosialisasi dan seleksi calon penyelenggara dan pelaku usaha pada bulan Agustus kemarin. Telah mengusulkan calon penyelenggara ke Bea Cukai Mataram, menurutnta saat ini untuk calon pelaku usaha yang akan masuk ke dalam APHT terdapat sebanyak 10 perusahaan.

Menutup sambutannya, Doktor Iswandi katakana bahwa APHT ini dibangun secara kolaboratif. Dimana lokasi tanah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan Pembangunan gedung APHT disiapkan oleh Pemerintah Provinsi NTB. “Atas kerjasama ini disampaikan terima kasih dan diharapkan terus dapat ditingkatkan pada masa operasional APHT kedepan,” pungkasnya (Id)