Evaluasi DAK Kesehatan, Diharapkan Mampu Mendorong UHH

Fungsional Perencana Ahli Madya Bappeda NTB, Badaruddin, S.Si., MA., M.EC.Dev., menjadi narasumber dalam Pertemuan Evaluasi DAK Bidang Kesehatan Tingkat Provinsi NTB Tahun 2023. Kegiatan yang diadakan Dinas Kesehatan NTB ini dihadiri perangkat daerah terkait lingkup Pemerintah Provinsi NTB, bertempat di Hotel Lombok Raya, Kamis 16 November 2023.

Badaruddin menyampaikan DAK (Dana Alokasi Khusus) adalah bagian dari TKD yang dialokasikan dengan tujuan untuk mendanai program, kegiatan dan atau kebijakan tertentu yang menjadi prioritas nasional dan membantu oprasionalisasi layanan publik, yang dimana penggunaannya telah ditentukan oleh pemerintah.

“Kegiatan ini juga untuk melakukan evaluasi capaian pelaksanaan DAK untuk mengidentifikasi permasalahan lain yang dihadapi dan tindak lanjut yang diperlukan, serta memastikan kesesuaian antara realisasi dana dan capaian keluaran (output) kegiatan setiap bidang DAK Fisik, sehingga sesuai dengan dokumen kontrak dan spesifikasi teknis yang ditetapkan, sehingga dampak dan manfaat pelaksanaan kegiatan terlaksana dan tepat sasaran dengan baik”, lanjutnya.

“DAK pada bidang Kesehatan ini diharapkan dapat terus mendorong Usia Harapan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia, serta dapat menekan angka kematian bayi, kematian ibu, menurunkan angka stunting, dan kemiskinan dengan memaksimalkan berbagai kolaborasi dengan penggunaan dana yang berasal dari DAK”, pungkas Badaruddin.