Pembangunan Yang Asri dan Lestari Jadi Prioritas Pembangunan NTB

Kepala Bappeda Provinsi NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si., menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Pelatihan dan Monev RCBT (Regional Climete Budget Tagging) yang diadakan Kementerian Keuangan bekerjasama dengan United Nations Development Progreamme (UNDP). Dihadiri perangkat daerah terkait lingkup Pemerintah Provinsi NTB. Bertempat di Prime Park Hotel, Selasa 30 Mei 2023.

Kepala Bappeda menyampaikan meningkatnya suhu merupakan fenomena perubahan iklim di dunia menjadi sesuatu yang nyata. Oleh karena itu komitmen saat ini seluruh dunia untuk melakukan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. “Kita di Indonesia sudah dikenal dengan konsep pembangunan yang rendah karbon dan berketahanan iklim’” ujarnya.

“Di NTB yang dikenal sebagai daerah agraris sangat ditentukan oleh kondisi iklim, perubahan iklim yang terlalu deras itu sering menimbulkan bencana. Bagaimana kita dapat mengelola perubahan iklim untuk dapat tetap bisa menghasilkan produktifitas yang dapat meningkatkan kesejahteraan itulah pentingnya kita melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan dengan prinsip-prinsip yang berketahanan iklim dan rendah karbon”, ucap Doktor Iswandi.

“Maka dalam RPD Provinsi NTB salah satu prioritas pembangunannya ialah pembangunan yang Asri dan Lestari yang memberi perhatian pada penanganan limbah, sampah, kualitas ekosistem, serta sanitasi. Itu adalah obyek-obyek yang akan mendapatkan penanganan untuk memberikan pembangunan berketahanan iklim dan rendah karbon”, lanjutnya.

“Workshop ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi rekan-rekan perangkat daerah yang terkait sehingga meningkatkan kapasitas Pemerintah Daerah serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi NTB”, tutup Doktor Iswandi.