1xbet supertotobet

613 Orang dari 30 Negara Peserta APGN 2019 akan menjadi ‘Wartawan’ Kebangkitan Pariwisata NTB.

Kota Mataram, Lombok – Bappeda Provinsi NTB menggelar rapat koordinasi teknis persiapan The 6th Asia Pacific Geoparks Network (APGN) Symposium di Hotel Lombok Raya Rabu, 21 Agustus 2019 dihadiri oleh Asisten II Provinsi NTB, Bapak Ir. Ridwanysah, MTP, Kepala Bappeda Provinsi NTB selaku Wakil Ketua  Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP, GM Geopark Rinjani Lombok Chairul Mahsul, ASDEP Kemenko Maritim Bapak Anton Setyo Nugroho, Perwakilan dari Kementrian Pariwisata ibu Endah Ruswanti, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Bapak Lalu Moh. Faozal, seluruh jajaran OPD Pemprov NTB terkait seperti kadis perhubungan, Dinas Kominfotik, Dinas Kesehatan,  Dinas Perindustrian, Dinas LHK, Dinas Perdagangan, Dinas ESDM, Dinas PUPR,  utusan pemerintah kota dan Kabupaten, Angkasa Pura, ITDC, Pihak hotel dan Event Organizer.

SAVE_20190822_142716Acara diawali oleh laporan wakil ketua panitia yang juga kepala Bappeda Provinsi NTB pak Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP. Melaporkan tentang progres persiapan secara keseluruhan panitia pelaksana telah mencapai 90%. “Tidak kurang dari 600 peserta telah mendaftar sampai hari ini. Mereka akan menjadi wartawan yang akan memberitakan tentang segala hal tentang daerah kita. Kegiatan ini dapat menjadi trigger mendongkrak kebangkitan pariwisata di NTB, mari kita maksimalkan persiapan kita”, kata pak Ardhi.

Pak Ridwansyah Selaku Assisten II mewakili Sekda NTB setelah membuka acara dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk ikut mensukseskan acara ini. “Kita bertekad dan siap menjadi tuan rumah yang baik pada acara The 6th APGN Symposium. Ini merupakan acara Merah Putih, bukan acara Pemprov ataupun acara Rinjani Geopark. Sehingga sudah menjadi tanggung jawab kita bersama agar acara ini berjalan dengan lancar.” Kata pak Ridwansyah bersemangat.

The 6th Asia Pacific Geoparks Network (APGN) Symposium yang akan diselenggarakan pada 31 Agustus – 6 September 2019 di Pulau Lombok menurut data terakhir akan dihadiri oleh sekitar 613 peserta dari 30 negara terdiri dari para petinggi UNESCO, Petinggi Asia Pacific Geopark Network (APGN) para peserta symposium dan geofair serta beberapa orang peninjau yang akan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari pre-symposium tanggal 31 agustus sampai 2 september di Hotel Villa Ombak – Gili Trawangan, Symposium, Geofair & Expo UMKM di Hotel Lombok Raya dari tanggal 3 sampai tanggal 6 September 2019. Untuk acara geofair panitia menyiapkan 43 stand dan saat ini telah sold out atau sudah ter-booking semua. “Hal ini menunjukkan animo masyarakat geopark internasional untuk datang ke Lombok sangatlah besar. Dalam konferensi Internasional di Italy tahun kemarin saja pameran geofair hanya diikuti oleh 29 geopark saja, ini prestasi tersendiri buat panitia APGN 2019.” kata pak Chairul Mahsul General Manager Rinjani Lombok UGGp dalam sambutannya .

SAVE_20190822_142702

Terkait dengan pelibatan masyarakat, dalam kegiatan Symposium APGN 2019 ini melibatkan tidak kurang dari 200 orang volunteer yang bertugas sebagai Liaison Officer (LO), Interpreter, Tour Guide, Fotografer, Reporter, Videographer, Tim Kesehatan, tim buzzer medsos dan tenaga administrasi. Selain itu untuk membantu peningkatan ekonomi daerah dan sumberdaya lokal panitia juga menyiapkan 50 stand pameran di area hotel Lombok Garden. Beraneka produk UMKM yang akan dilibatkan diantaranya adalah produk olahan makanan, produk hasil tenun, produk perhiasan dan produk seni kerajinan yang berasal dari para pengusaha yang ada di pulau Lombok dan Sumbawa. Mengingat yang akan datang lebih dari 600 orang berasal dari 30 negara, kegiatan symposium ke 6 Asia Pacifik Geoparks Network (APGN) ini benar-benar harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempromosikan bukan saja obyek-obyek wisata andalan kita tetapi juga produk-produk unggulan yang dimiliki oleh masyarakat kita”, Kata pak Chairul Mahsul lebih lanjut.

Rapat teknis selanjutnya dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata NTB yang juga Sekretaris Panitia pak Lalu Moh. Faozal. Dengan menggunakan metode TFG (Technical Floor Game) Miq Ojal meminta seluruh stake holder dan panitia yang terlibat untuk menyampaikan progress kesiapan masing-masing secara berurutan sesuai dengan urut-urutan kegiatan mulai dari saat kedatangan peserta, penyambutan peserta di bandara, perjalanan  sampai dengan peserta pulang.

IMG-20190821-WA0001

Sementara itu untuk urusan pengamanan kegiatan, turut hadir di rapat kemarin  Kombes Pol. Dewa Putu Maningka Jayapanitia selaku Kepala Biro Oprasional Polda NTB menyatakan mendukung penuh pelaksanaan Symposium APGN 2019. Nampak juga hadir dari Korem 162 Wirabhakti dan Perwakilan dari Lanal Mataram. Personil keamanan akan ditempatkan di seluruh lokasi pelaksanaan acara mulai dari hotel lombok raya, hotel lombok garden dan hotel villa ombak gili Trawangan. Dalam kesempatan yang sama Asisten ASDEP Kemenko Maritim pak Anton Setyo Nugroho menyampaikan pemerintah pusat ikut mendukung penuh kegiatan APGN 2019. Sedang diupayakan acara pembukaan akan dibuka oleh presiden Jokowi. Saat ini sedang dalam proses pengajuan. Menteri yang sudah memastikan hadir adalah Menko Kemaritiman pak Binsar Luhut Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Bapak Kemenko Maritim berencana akan sekaligus launching Perpres Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengembangan Geopark di Indonesia saat acara pembukaan APGN nanti”, Tutup pak Anton.(Dita/ramli-RLUGGp)