UPACARA PERINGATAN HARI ULANG TAHUN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT KE 58, TANGGAL 17 DESEMBER 2016

By | December 20, 2016

Upacara  Peringatan Ulang Tahun Provinsi NTB ke 58 dan Acara Peresmian Proyek yang dirangkaikan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Lounching NTB Satu Data Satu Peta ini merupakan Kulminasi Rasa Syukur Pemerintah Daerah dan Warga Masyarakat NTB atas penghargaan terhadap prestasi-prestasi terbaik di Tingkat Nasional dan Internasional yang telah diraih dan Insya Allah semoga akan selalu diraih oleh Provinsi NTB  dengan Kerja-kerja Positif yang semakin cerdas, bernas dan trengginas.

upacara-hut-ntb

Proyek yang akan diresmikan, terdiri dari 39 Proyek dari 11 SKPD Lingkup Pemerintah Provinsi, berlokasi tersebar di 10 Kabupaten/Kota dengan total anggaran sebesar 203 Milyar Rupiah Lebih,  4 (Empat) Prasasti diantaranya yang akan ditandatangani akan menjadi bagian dari saksi perjalanan Provinsi NTB melintasi sejarahnya dari masa lalu, kini dan kedepan.  4 (Empat) Prasasti tersebut adalah :

persmian-proyek-hut-ntb

  1. Pembangunan Gedung Sekretariat DPRD Provinsi NTB dengan anggaran sebesar 17 Milyar, berlokasi di Jalan Udayana Kota Mataram dengan tujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada Unsur Pimpinan DPRD NTB beserta anggota dan masyarakat.
  2. Pembangunan Kantor dan Laboratorium UPTB-BPSMP (Unit Pelayanan Teknis-Badan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Mutu Pangan) dengan anggaran sebesar 1,7 Milyar Rupiah Lebih, berlokasi di Area Badan Ketahanan Pangan Provinsi NTB, difungsikan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat dalam menjaga keamanan pangan segar yang berasal dari tumbuhan, agar terbebas dari cemaran/residu pestisida dan organisme lainnya seperti bakteri E.Coli dll.
  3. Pembangunan Samsat Drive Thru di Paok Motong Lombok Timur dengan anggaran sebesar 431 Juta Rupiah Lebih, dengan tujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan kesamsatan kepada masyarakat wajib pajak khususnya di wilayah Masbagik dan Sikur.
  4. Pembangunan Samsat Drive Thru di Gunungsari Lombok Barat dengan anggaran sebesar 451 Juta Rupiah Lebih, dengan tujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan kesamsatan kepada masyarakat wajib pajak khususnya di wilayah Gunungsari dan Batulayar.

Acara selanjutnya adalah Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Gubernur Nusa Tenggara Barat dan Kepala Badan Informasi Geospasial serta Kepala Badan Pusat Statistik.

ttd2

 

ttd

Salah satu Indikator dalam RPJMD Provinsi NTB Tahun 2013-2018 adalah NTB 1 Data dalam NTB Online. Program ini telah berhasil dicapai oleh Pemerintah Provinsi NTB seiring dengan perkembangan teknologi informasi  serta menindaklanjuti Kebijakan Satu Peta Pemerintah Republik Indonesia,  maka program Pemerintah Provinsi NTB tersebut bertambah menjadi NTB 1 Data 1 Peta. Data yang dimaksud bukan hanya data statistik yang bersifat tabular atau non spasial semata, namun juga meliputi data yang bersifat spasial atau kewilayahan. Kelebihan data spasial selain untuk kepentingan perencanaan tata ruang, juga dapat memvisualisasikan seluruh data tabular.

Tahun 2016 ini menjadi momentum bagi Pemerintah Provinsi NTB untuk memulai ikhtiar pengelolaan data dan informasi untuk pembangunan di Nusa Tenggara Barat melalui penguatan kapasitas dengan menggandeng Badan Pusat Statistik Republik Indonesia sebagai Institusi yang bertanggung jawab terhadap Pembinaan Data Statistik Nasional atau Data yang bersifat Non-Spasial serta dengan Badan Informasi Geospasial sebagai Institusi yang bertanggung jawab terhadap Pembinaan Data dan Informasi Spasial.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama ini, maka pada hari Sabtu tanggal 17 Desember tahun 2016 adalah tanggal dimulainya Pengembangan NTB 1 Data 1 Peta.

img-20161219-wa0039

LAUNCHING NTB 1 DATA 1 PETA

Sebagai tindaklanjut dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama antara Gubernur Nusa Tenggara Barat (DR.TGH.M.Zainul Majdi) dan Kepala Badan Pusat Statistik  (BPS) Republik Indonesia (diwakili Deputy Bidang Statistik Produksi, Dr.Adi Lumaksono, MA) serta Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) (Prof.Dr.Ir.Hasanuddin Zaenal Abidin, M.Sc, Eng),  sebagai wujud Dukungan dan Komitmen terhadap Kebijakan NTB 1 Data 1 Peta, BPS Provinsi NTB dan BIG telah melakukan beberapa upaya yang berkaitan dengan NTB 1 Data 1 Peta.

BPS Provinsi NTB telah melakukan Pembinaan Statistik dan memberikan data-data statistik baik untuk pemakai data maupun melalui aplikasi Web-nya BPS Provinsi NTB dengan menyediakan, membuka dan memberikan akses pemanfaatan data statistik untuk keperluan pembangunan di Provinsi NTB.

Sedangkan Badan Informasi Geospasial atau BIG telah memberikan bantuan perangkat keras dan perangkat lunak untuk digunakan oleh Provinsi NTB dalam mengelola data dan informasi spasial.  BIG juga senantiasa memberikan Pembinaan Pengembangan Informasi Geospasial di Provinsi NTB termasuk memberikan dan membuka akses kepada seluruh pengguna informasi geospasial untuk memanfaatkan data dan informasi geospasial yang telah dimiliki oleh BIG.

Adapun data dan informasi spasial yang sudah tersedia saat ini dapat diakses di geoportal.ntbprov.go.id, terdiri dari

  • Peta Rencana Pola Ruang.
  • Peta Rencana Struktur Ruang.
  • Peta Jaringan jalan.
  • Peta Sebaran Kesejahteraan per Desa/Kelurahan se-NTB Tahun 2015.
  • Peta Sebaran Kepala Keluarga Perempuan Miskin per Desa/Kelurahan.
  • Peta Sebaran Mata Pencaharian Dominan Penduduk per Desa/Kelurahan.
  • Dll