RAPAT TERBATAS KEPRESIDENAN DENGAN PROVINSI NTB

ntb9

Dalam mendukung Program Nasional dan Daerah Pemda NTB terus melakukan koordinasi dan pembahasan yang cukup intens, sebagai bentuk konsistensi Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Nasional yang selaras dengan Program Daerah yang tertuang dalam RPJMN dan RPJMD Provinsi NTB. Pembahasan ini juga menjadi sangat penting bagi pertumbuhan pembangunan Nasioanal dan Daerah seperti yang kita ketahui bersama bahwa pemabahasan ini menjadi perhatian husus Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla seperti yang di sampaikan dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Selasa, 21 Februari 2017 yang di hadiri oleh Gubernur NTB Dr TGH M Zainul Majdi, kepala Bappeda Provinsi NTB Ir. Ridwan Syah, MSc., MM., MTP, staff husus kepresidenan serta pejabat terkait dalam pembahasan untuk pembangunan daerah yang mendukung program nasional.

WhatsApp Image 2017-02-23 at 13.42.25Dalam rapat terbatas, Presiden Joko Widodo meminta Gubernur NTB untuk memaparkan perkembangan pembangunan di NTB yang selama tiga tahun berturut-turut memperoleh pertumubahan ekonomi di atas nasional.

Menanggapi apa yang telah di paparkan oleh Gubernur NTB dalam perkembangan pembangunan di NTB, Presiden menyampaikan beberapa poin utama yang disampaikan kepada Gubernur NTB yaitu:

Pertama, Presiden minta pembangunan infrastruktur pertanian seperti bendungan,waduk, dan irigasi jadi prioritas di NTB.

Kedua, Presiden minta sektor pertambangan bisa berkontribusi pada penciptaan nilai tambah di daerah NTB.

Ketiga, Presiden minta harus berikan perhatian pada pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Madalika sebagai destinasi wisata utama.

Keempat, Presiden juga minta untuk jangan lupa perhatikan aspek kelestarian lingkungan yang penting bagi masa depan.

Selain itu bebrapa program strategis Daerah yang mendukung program Nasioanl yang di sampaikan oleh Gubernur NTB juga menjadi perhatian Prisiden, sperti mislanya dalam sektor Infrasturktur dalam sistem jaringan transportasi di Provinsi NTB, baik yang ada di pulau Lombok untuk pembangunan jalan port to port dari pelabuhan Lembar – Mataram – Labuan Lomobk, perluasan terminal  dan perpanjnagan runway di Bandara International Lombok. Dan program strategis yang ada di pulau Sumbawa juga dalam mendukung kawasan  SAMOTA (Teluk Saleh-Pulau Moyo – Gunung Tambora) yang berada dalam Kawasan Andalan Nasional Sumbawa dan Kawasan Andalan Nasional Bima, Memiliki sumber daya alam potensial dan prospektif dikelola secara berkelanjutan (Taman Buru, Taman Wisata Alam Laut, Taman Nasional/Geopark Tambora, Budidaya Kelautan dan Perikanan, Agroindustri dan Agrowisata).

Semoga apa yang menjadi ihtiar pemerintah Daearah dalam mendukung pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyrakat bisa terlaksana dengan cepat dan bisa memberi ke bermamfaatan untuk Masyrakat NTB hususnya….