RAPAT PENYUSUNAN MATRIK RENCANA AKSI DAERAH PPDT PROVINSI NTB

litbang (6)

Pada tanggal 26 Oktober 2017 telah dilaskanakan Rapat Penyusunan RAD-PPDT Provinsi 2018 di Ruang Rapat Geopark Rinjani. Rapat tersebut dihadiri oleh narasumber dari kementerian Pusat, Bapak Enirawan – Direktur Perencanaan dan Identifikasi Daerah Tertinggal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. Rapat dibuka dengan memaparkan daftar kabupaten tertinggal di NTB serta penyebab ketertinggalannya.  Penyebab utama ketertinggalan pada 8 kabupaten tersebut sebagian besar disebabkan oleh faktor  Sumber Daya Manusia dan sarana prasarana. Selain itu, faktor kemampuan keuangan daerah, karakteristik daerah dan faktor ekonomi secara berurut menjadi faktor penyebab lainnya.

Intervensi  Program/ Kegaiatan dalam upaya membangun daerah tertinggal anatara lain dengan Perencanaan Pembangunan jalan dan  Jembatan, Perencanaan Pembangunan Jaringan Irigasi, Pembangunan Jaringan Irigasi, Peningkatan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Pembangunan Embung dan Bangunan Penampung Air Lainnya, Penyediaan Sarana dan Prasarana Air Minum Bagi masyarakat Miskin serta Penyediaan Sarana dan Prasarana Air Limbah.

Dalam kesempatan ini, Bapak Enirawan menyampaikan bahwa masih terjadi kesenjangan (disparitas) antar daerah-daerah di NTB, sehingga diperlukan sinergi dengan semua pihak terkait untuk dapat mengintervensi program dan kegiatan yang fokus dan tepat sasaran. Beliau juga menyampaikan bahwa SKPD terkait perlu mendorong terbentuknya lapangan kerja padat karya yang mampu menyerap tenaga kerja lokal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.