RAPAT PENGOLAHAN DATA ANALISIS STATISTIK PDRB PROVINSI NTB

By | May 19, 2016

PDRBPenyusunan analisis PDRB 2015 merupakan kerjasama Pemda Provinsi yang diwakili oleh Bappeda Prov. NTB yang bekerjasama dengan BPS dalam penyusunannya akan ditentukan dengan pola penyusunan PDRB tahun 2014. Struktur PDRB  tahun 2014 masih didominasi oleh kategori Pertanian dan hingga saat inipun pada rilis triwulan III kategori pertanian masih menjadi kategori yang dominan kontribusi sharenya terhadap  pembentukan.

Harapan Daerah Dalam Penyusunan format analisis PDRB pada metodologi yang komparatif dan penyajian data dalam bentuk grafis. PDRB tanpa bijih logam memiliki pengaruh yang sangat besar jika melihat pertumbuhan ekonomi yang disertai pengaruh pertambangan, lonjakannya akan signifikan besar terutama di Tw 3,4.

Pada Tw IV, pertumbuhan kita akan tumbuh 2,4% disbanding Tw 1 yang juga bertumbuh 2,1%, kebijakan terkait UU Minerba pada tahun yang lalu menyebabkan share pertumbuhannya agak menurun tetapi ketika daerah memenuhi ketentuan tsb pertumbuhannya meningkat hingga 3 digit. PDRB dalam pengertian secara harfiahnya merupakan nilai tambah yang dihasilkan oleh keseluruhan kegiatan perekonomian dalam setahun, penentuan dari setiap kategori tentang pergeseran angka/share PDRB bahwa setiap perubahan angka pada kategori yang dominan akan menentukan secara signifikan pergeserannya.

BI mengusulkan agar dalam analisisnya disertakan mengenai karakteristik Kawasan Timur Indonesia. Dari segi ketenaga listrikan dengan kondisi yang selalu menurun karena kendala penyambungan dengan pelanggan dimana kami mengalami under supply dalam pasokan listrik. Cadangan daya yang PLN miliki 12 MW. Dari Pertamben, pada tahun sebelumnya ada pasokan penambahan stok. Dari situasi pertambangan yang ada kapasitas produksinya relative sama, hanya karena terjadi pembatasan ekspor menyebabkan nilai produksinya menurun.

Untuk penghitungan PDRB bagaimana sektor pertambangan di suguhkan dengan model sub item saja akan cukup representative. Pergeseran panen terjadi karena pengaruh iklim/cuaca sehingga terjadi pergeseran panen. Wilayah yang mengalami kekeringan sepertihalnya di Lotim dan sekitarnya akan menyebabkan penurunan produksi. PDAM melakukan pasokan terhadap pelayanan terhadap pelanggan  ada datanya dan terlihat cenderung terjadi peningkatan pelaynan.

UMP / Upah Minimum Provinsi dalam hal ini PGRI mensikapi dengan relative rendahnya UMP yang diterima guru honorer secara umum. Jumlah penerbitan BPKB bukan merupakan ranahnya Dispenda tetapi di Kepolisian dari kondisi yang terjadi relisasi penerimaan pajak dan retribusi memang cenderung meningkat. Untuk Data terkait informasi penumpang selalu dilaksanakan rilisnya di BPS sepertihalnya tercatat di Dinas Perhubungan datanya simetris atau sama.