RAKOR RKPD KABUPATEN/KOTA TAHUN 2015 DI PROVINSI NTB

By | June 3, 2014

Dalam rangka menunaikan salah satu tugas pokok dan fungsi Bappeda Provinsi NTB dilaksanakan Koordinasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten/Kota tahun 2015 di Provinsi NTB. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyelaraskan rencana kerja seluruh kabupaten dan kota dengan rencana kerja Provinsi NTB, yang nantinya oleh Provinsi NTB akan dilakukan sinkronisasi dengan Pemerintah Pusat.

Rakor

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Pratama Mataram dari 2 – 4 Juni 2014 ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB. Dalam sambutannya H. Muhammad Nur menekankan pentingnya rapat koordinasi ini untuk menyelaraskan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota dengan Provinsi dan dengan Pemerintah Pusat. Menurut Muhammad Nur, selama ini ada beberapa kendala yang dihadapi berkaitan dengan perencanaan daerah.

Kendala utama adalah adanya perbedaan visi dan misi antar Kabupaten/Kota dengan Provinsi dan Kabupaten/Kota/Provinsi dengan Pemerintah Pusat. Oleh karena perlu diupayakan adanya visi yang sama dari Pemerintah Pusat sampai Daerah.

Selain itu juga Sekretaris Daerah (H. Muhammad Nur, SH., MH.) mengharapkan agar dengan adanya pembagian urusan antara Pemerintah Pusat dan Daerah ini jangan sampai perbedaan yang ada sampai merenggangkan hubungan antara Pemerintah Pusat dengan Provinsi atau Kabupaten/Kota, maupun antara Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten/Kota. Oleh karena itu prinsip sinkronisasi ini harus dapat mengisi dan memperkuat antar entitas Pemerintahan dan antar satuan kerja perangkat daerah, sehingga koordinasi yang dilakukan ini dapat menghasilkan perencanaan yang matang, yang dapat diimplementasikan dengan baik dan dapat memberikan hasil yang optimal.