PRA MUSRENBANG PROVINSI NTB 2017

DSC00909 (Medium)

Salah satu rangkaian dari proses Perencanaan Pembangunan pada Pra Musrenbang Provinsi NTB ini yang bertmpat di Hotel Lomobk Raya yang rencannya akan berlangsung dari hari ini ( Senin 03 April 2017) sampai dengan hari rabu (05 April 2017), pada forum ini yang di hadiri oleh seluruh SKPD lingkup pemerintah Provinsi, Kab/Kota, tokoh masyarkat, tokoh agama, dan akademis. Pra Musrenbang ini nantinya akan di lanjutkan dengan diskusi teknis untuk membahas isu-isu strategis dan 12 indikator yang belum tercapai. Dari hasil forum SKPD sebelumnya harapnnya dari program dan kegiatan yang ada dan yang akan di usulkan oleh Kab/Kota dapat selaras dengan program prioritas, sehingga untuk teknisnya diskusi yang akan di laksankan akan di bagi menjadi 3 forum diskusi yang masing-masing akan membahas sesuai dengan bidang untuk membahas program Pemerintah daerah yang mendunkung prioritas Nasional, hususnya terkait dengan isu-isu strategis yang juga ini menjadi perhatian di tingkat Nasional setidaknya ada 4 isu yang menjadi perhatian kita bersama di antaranya isu terkait dengan kemiskinan, infrastruktur, pelayanan infomasi dan birokrasi  dan linkungan hidup.

Dari sambutan Kepala Bappeda Provinsi NTB Ir. Ridwan Syah hasil dari Pra Musrenbang ini harapnnya dapat menselaraskan program Provinsi dengan program prioritas Nasional sebagai pembahsan dalam acara Musrenbang nanti. Kepala Bappeda menambahkan pada acara Musrenbang nanti akan menghadirkan bebrapa elemen terkakit dalam mendukung percepatan pembangunan yang ada di Provinsi NTB yaitu Kepala Bappenas, Menteri Pariwisata, Agraria, dan Anggota DPR RI untuk membahas agenda terkait dengan program prioritas Nasional. Pak Ir. Ridwan Syah juga menegaskan terkait prinsip Money Follo Program sehingga apa yang menjadi target dan tujuan bersama dapat tercapai dengan terukur dan munikik pada sasaran dan target pemerintah baik Nasional maupun Daerah. Selain itu Kepala Bappeda juga menambahkan bahwa dalam proses mengawal dan memastian konsistensi seluruh dokumen yang ada pada system (aplikasi/e-Planning), dalam konsep system Informasi Perencanaan berbasis elektronik sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 25 tahun 2004 sebagai salah satu ihtiar dalam mencapai program dan kegiatan yang terukur dan selaras.

Forum ini langsung di buka oleh Wakil Gubernur Prov. NTB H. Muh. Amin, S.H., M.Si. dimana beliau memberikan sambutan yang positive dan memberikan aspresiasi dari rangkaian proses system Perencanaan Pembangunan Pemerintah Provinsi NTB, sebagai upaya menyusun perencanaan yang lebih tepat sasaran dan kemanfaatannya, setelah melukan tahap koordinasi dengan SKPD dan Kab/Kota sampai pada acara Pramusrenbang ini. Beliau juga menambahkan makna pada kegiatan Pramusrenbang kali ini sangat strategis apabila di lihat bahwa tahun 2018 merupakan tahun terahir pelaksanan RPJMD NTB 2013-2018, oleh Karena itu harapnnya itu sebagai momentum untuk memaksimalkan kinerja dalam mencapai dan menyelesaikan 12 indikator yang belum terlaksana. Yang mmenjadi perhatian kita bersama terkait dengan pertumbuhan ekonomi yang belum merata dan angka kemiskinan yang masih tinggi harapnnya kegiatan yang akan di laksanakan pada tahun 2018 di arahkan pada upaya-upaya pengentasan kemiskinan yang lebih progrisif.