Penyusunan Standar Operasional dan Prosedur NTB Satu Data

By | February 28, 2014

Dalam menghadapi tantangan di era keterbukaan dan perkembangan teknologi informasi saat ini, Pemerintah dituntut untuk dapat menyediakan data dan informasi yang cepat, tepat dan mudah. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi NTB telah mencanangkan program NTB Satu Data sebagai salah satu dari 20 Program 99 hari Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2013-2018. Sebagai tindak lanjutnya, Bappeda Provinsi NTB menginisiasi penyusunan standar operasional dan prosedur (SOP) yang berkaitan dengan Forum Data sebagai jantung dari NTB Satu Data.

Pembahasan SOP Forum DataPembahasan SOP Forum Data ini dilakukan beberapa kali dengan melibatkan berbagai instansi yang berkaitan dengan data pembangunan. SOP ini nantinya berguna sebagai pedoman oleh Forum Data yang menjadi inti dari NTB Satu Data dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, sehingga dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien, yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas dan aksesibiltas suplai data dan informasi.

Sebagai gambaran bahwa melalui Program NTB Satu Data tersebut nantinya ada 1 (satu) pusat data yang berfungsi sebagai penyimpan, yang memback-up dan menyediakan berbagai data yang berkaitan dengan Provinsi NTB. Selain itu juga nantinya data yang diberikan adalah data yang benar-benar valid, dalam arti tidak ada perbedaan untuk parameter data yang sama. Dalam kerangka besar NTB Satu Data ini komponen utamanya adalah Forum Data yang menjadi basis inti yang keanggotaannya berasal dari seluruh SKPD yang ada di Provinsi NTB dan lembaga vertikal lain yang ada di Provinsi NTB, serta Badan Pusat Statistik Provinsi NTB yang bertindak sebagai supervisor disamping fungsinya juga sebagai penyedia data.