PENUTUPAN PELATIHAN DAN PENDAFTARAN PROGRAM ELTA TAHUN 2016

By | April 2, 2016

Program English Language Training Assisstance (ELTA) adalah merupakan program peningkatan kemampuan Bahasa Inggris bagi sarjana yang berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2/S3) di luar negeri. Program ini dibiayai oleh Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affair and Trade (DFAT). Program ELTA ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di empat keterampilan (mendengar, membaca, menulis dan berbicara). Adapun sasaran program ini adalah para pendaftar yan gmemenuhi kriteria beasiswa namun memiliki tingkat kemahiran bahasa Inggris dibawah persyaratan minimal IELTS 5.0 untuk pendaftaran Australia Awards Scholarships (AAS).

Pelaksanaan program ELTA untuk Provinsi NTB ini bertempat di Pusat Data Daerah “Bale ITE” Provinsi NTB. Tahun 2016 ini sudah memasuki tahun ke-4 pelaksanaan program ini, dimana kegiatan serupa juga pernah dilaksanakan di Bale ITE pada tahun 2014. Untuk tahun 2016 ini sebenarnya ada 2 program, dimana program pertama dilaksanakan sejak 11 Januari 2016 hingga 1 April 2016, dan program kedua direncanakan akan dilaksanakan pada 19 September 2016 hingga 9 Desember 2016.

Pelatihan ELTA periode pertama tahun 2016 ini secara resmi telah ditutup oleh Kepala BKD dan Diklat Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang Diklat Penjenjangan, Drs. Lalu Hasbulwadi. Dalam pidato penutupannya Lalu Hasbulwadi mengharapkan agar para peserta dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi setelah memperoleh bekal pelatihan ini, dan tidak terpaku pada beasiswa dari AAS saja, tetapi dapat mengambil beasiswa dari banyak lembaga yang ada lainnya, seperti Program Beasiswa Prestasi, JICA, Singapura, New Zealand dan lain-lain.

Khusus untuk pendaftaran program ELTA periode kedua tahun 2016 ini pendaftarannya sudah dapat dimasukkan sejak tanggal 1 April 2016 hingga 30 April 2016 pukul 17.00 WIT (Waktu Indonesia Timur). Para pendaftar yang lolos seleksi awal nantinya akan dihubungi pada minggu pertama hingga minggu ketiga bulan Juni 2016, dan tes penempatannya akan dilaksanakan pada tanggal 20-24 Juni 2016. Pendaftar yang lolos seleksi nantinya akan dihubungi selambat-lambatnya tanggal 25-29 Juli 2016. Untuk lebih jelasnya bagi yang berminat mendaftar dapat mengunduh brosurnya di sini.

(Brosur Pendaftaran AAS)