PENGUMUMAN JUARA LOMBA KARYA TULIS ILMIAH REMAJA

IMG_1469 (Small)

Menulis khususnya dalam bentuk karya ilmiah membutuhkan keahlian dan keterampilan secara teknis. Meskipun menulis terkesan merupakan kegiatan yang sederhana, namun tidak jarang sebuah tulisan kurang mampu mengelaborasi pesan yang ingin disampaikan secara baik dan lugas. Menulis dalam bentuk karya ilmiah juga masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang tidak terkecuali bagi orang-orang yang berada dalam civitas akademika yang seharusnya familiar dengan aktivitas ini. Budaya yang lebih menitikberatkan pada komunikasi secara lisan, dikatakan menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Sementara itu, tantangan dan permasalahan dalam proses pembangunan dewasa ini semakin rumit dan kompleks, sehingga membutuhkan sumbangsih pemikiran dari berbagai lapisan masyarakat. Tulisan dalam bentuk karya ilmiah dapat menjadi salah satu media yang efektif untuk membangun diskursus terkait isu-isu pembangunan. Dari diskursus ini diharapkan akan lahir ide-ide, pemikiran dan inovasi yang nantinya dapat berkontribusi dalam proses pembangunan di daerah, khususnya Nusa Tenggara Barat.

Menyadari hal tersebut, Litbang Bappeda Provinsi NTB telah menyelenggarakan lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja (KTIR), yang bertujuan untuk meningkatkan minat menulis bagi generasi muda, sehingga nantinya akan lahir peneliti-peneliti handal yang akan memberikan kontribusinya melalui tulisan atau karya ilmiah.

Lomba yang semula dijadwalkan selesai pada tanggal 6 Juli 2018 ini diperpanjang menjadi tanggal 7 Agustus 2018 karena tingginya antusias dan banyaknya permintaan dari peserta lomba baik di tingkat SMA maupun Mahasiswa. Presentasi Finalis Lomba akhirnya dapat dilaksanakan pada tanggl 27 September 2018. Finalis Lomba merupakan 12 karya terbaik dari 76 total peserta dari kategori Umum, SMA hingga Universitas Negeri maupun swasta. Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja berhak mendapatkan hadiah sebagai berikut:

  • Juara 1                              : Rp. 5.000.000
  • Juara 2                              : Rp. 4.000.000
  • Juara 3                              : Rp. 3.500.000
  • Juara Harapan 1               : Rp. 3.000.000
  • Juara Harapan 2               : Rp. 2.500.000
  • Juara Harapan 3               : Rp. 2.000.000

Penilaian Lomba Karya Tulis meliputi Teks Karya Tulis dan Presentasi Finalis. Hasil lomba karya ilmiah dapat diunduh pada link berikut:

Juara Lomba Karya Ilmiah Remaja.pdf