PEMBUKAAN MUSRENBANG KABUPATEN DOMPU

By | March 6, 2014

Setelah dua hari sebelumnya menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Bima, sebagai rangkaian dalam sistem perencanaan pembangunan nasional untuk tingkat kabupaten/kota, pada tanggal 6-7 Maret dilaksanakan pula di Kabupaten Dompu. Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2015 Kabupaten Dompu tahun 2014 ini mengambil tema “Dengan Musrenbang RKPD 2015, Kita Mantapkan Daya Saing Daerah melalui Optimalisasi Reduksi Kemiskinan”.

Pembukaan Musrenbang Dompu

Musrenbang RKPD Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di Gedung PKK ini dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati dan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Dompu. Sedangkan dari Bappeda Provinsi NTB dihadiri oleh Kepala Bidang Statistik, Dra. Ratna Tunjung Luih, Apt.,MSc.PH. Dalam sambutannya, Ratna Tunjung Luih menyampaikan berbagai hasil pembangunan yang telah diraih oleh Kabupaten Dompu dan arahan rencana program prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Provinsi NTB pada tahun 2015. Arahan program Provinsi yanga akan dilaksanakan pada tahun 2015 antara lain meliputi pembangunan pada program pijar (sapi, jagung dan rumput laut), pembangunan bendungan Raba Baka Kompleks, dan program lainnya, baik di bidang sosial, ekonomi maupun infrastruktur. Selain itu juga ditekankan agar perencanaan pembangunan berdasarkan isu yang akan ditangani oleh berbagai sektor, sehingga dapat lebih fokus dalam pelaksanaan pembangunannya.

Bupati Dompu dalam sambutannya menyampaikan ada 4 indikator dalam pembangunan di masa pemerintahannya, yaitu penurunan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, peningkatan produksi dan nilai tambah pertanian. Bupati Dompu mengungkapkan kekecewaannya terhadap sebagian oknum masyarakat Dompu yang menghambat pembangunan, khususnya pembangunan di Raba Baka Kompleks dan pemasangan pipa air minum. Oleh karena itu Bupati sangat mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Dompu untuk menyukseskan seluruh program pembangunan di wilayah Dompu. Bupati juga berharap agar musrenbang ini bukan hanya formalitas saja, tetapi mulai saat ini menjadi ajang untuk memastikan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2015.