PEMBUKAAN FORUM SKPD PROVINSI NTB TAHUN 2016

By | February 24, 2016

Picture2Dalam rangkaian penyusunan rencana pembangunan daerah Provinsi NTB tahun 2017, salah satunya adalah melalui Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi NTB. Forum SKPD ini merupakan perencanaan terhadap apa yang akan dilakukan SKPD lingkup Provinsi NTB pada tahun 2017. Perencanaan yang disusun melalui Forum SKPD ini didasarkan pada dokumen perencanaan yang telah disusun sebelumnya, yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis (Renstra) SKPD Provinsi NTB.

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Chairul Mahsul, mengatakan tujuan dari pelaksanaan Forum SKPD ini adalah untuk mempertajam program/kegiatan prioritas sebagai bahan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi NTB Tahun 2017. Adapun isu yang diangkat untuk tahun 2017 meliputi 4 (empat) hal, yaitu: (i) Peningkatan IPM, khususnya pendidikan dan kesehatan; (ii) Peningkatan Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi, dimana tahun 2017 adalah tahun pertama pelimpahan kewenangan Provinsi sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; (iii) Pengentasan Kemiskinan, melalui peningkatan dan pemerataan pertumbuhan dan menjaga stabilitas ekonomi daerah; serta (iv) Kualitas Lingkungan Hidup, dimana indicator kinerja lingkungan hidup dalam RPJMD masih banyak yang belum mencapai target.

Dalam sambutannya pada pembukaan Forum SKPD Tahun 2016, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, H. Muhammad Nur mengingatkan bahwa hubungan silaturahmi antar SKPD akan mempunyai makna maka harus memiliki satu rasa terhadap tujuan yang sama. Tujuan ini adalah untuk menyusun rencana program/kegiatan tahun 2017 yang merupakan bahan inti dalam RKPD Tahun 2017, yang nantinya akan dimatangkan melalui pramusrenbang dan musrenbang. Walaupun cara dan strategi yang ditempuh berbeda, namun memiliki sasaran yang sama karena keberhasilan pembangunan adalah tanggung jawab bersama.

Lebih lanjut H. Muhammad Nur mengutarakan agar mendesain program/kegiatan yang berkaitan langsung untuk mencapai sasaran. Keterbatasan fiskal harus menjadi perhatian dan pertimbangan dalam membuka diri untuk berkolaborasi dengan mitra pembangunan dalam pencapaian indicator kinerja sebagai sasaran.

Picture1Pelaksanaan Forum SKPD Provinsi NTB ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 22-25 Februari 2016 bertempat di Hotel Lombok Raya Mataram.