PEMBUKAAN FORUM SKPD PROVINSI NTB TAHUN 2015

By | February 17, 2015

Selasa Tanggal 17 Februari 2015 bertempat di Hotel Lombok Raya Bappeda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan rapat Forum SKPD Provinsi NTB tahun 2015 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi NTB tahun 2016.

Acara ini dihajatkan berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 17 Februari 2015 hingga 20 Februari 2015 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Bapak H. MUHAMMAD NUR, SH.MH.

Forum SKPD 2015     DSC_0395[1]

Kepala Bappeda Provinsi NTB, Bapak Chairul Mahsul dalam sambutannya menyatakan bahwa Forum SKPD ini sebagai tahap awal dari perencanaan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2016 sebagai ikhtiar dalam meningkatkan efektiftifitas perencanaan program agar lebih arif, bijak dan lebih fokus menyikapi isu strategis yang berkembang di daerah. Isu Strategis dimaksud Isu Kemiskinan yang dikawal oleh 24 SKPD, Isu Generasi Emas yang dikawal oleh 16 SKPD, Isu Kualitas Lingkungan Hidup yang dilaksanakan oleh 14 SKPD serta Isu Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi dengan 20 SKPD yang bersinergi bahu membahu sebagai pelaksana program-kegiatan.

Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapak H. MUHAMMAD NUR, SH.MH, dalam arahannya dihadapan Asisten, Staf Ahli dan segenap Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTB meminta adanya komitmen dan tanggung jawab kolektif untuk pencapaian indikator dalam RPJMD Provinsi NTB tahun 2013-2018, membangun/ mereformasi kerangka berfikir dengan benar dan tepat agar apa yang telah ditargetkan dalam RPJMD, Visi-Misi dapat dilaksanakan dan dapat dipertanggungjawabkan. Adapun pintu masuk dari masing-masing kegiatan SKPD tersebut ada 3 pintu masuk yaitu di hulu, tengah dan di hilir. Sekda meminta agar Bappeda bersikap tegas dalam mengkoordinasikan program dan kegiatan SKPD sesuai tupoksi masing-masing SKPD agar dapat bersama berpadu dalam mencapai tujuan yang sama. Forum SKPD adalah perencanaan yang mengakumulasi pendekatan teknokratik, dimana pendekatan dilakukan secara sistematis, berurutan dan keluarannya harus kuantitatif bukan semata kualittatif.

Agenda Forum SKPD di hari pertama ini adalah sidang klinis isu strategis kemiskinan sesuai RPJMD misi 1, 2, 4, 5 dan 6, dilanjutkan pada hari kedua tanggal 18 Februari 2015 dengan sidang klinis isu strategis generasi emas sesuai RPJMD misi 2 dan 4 dan siang harinya sidang klinis isu strategis kualitas lingkungan hidup sesuai RPJMD misi ke 7. Hari ketiga tanggal 20 Februari 2015 sidang klinis isu strategis pelayanan publik dan reformasi birokrasi sesuai RPJMD misi 1 dan 3 yang dirangkai dengan pembacaan rumusan hasil sidang klinis.