GIZ – (DeCGG)

logo_giz

Sejak reformasi pada tahun 1998/99, pemerintah daerah di Indonesia memiliki wewenang untuk menyediakan pelayanan publik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Program “Decentralisation as Contribution to Good Governance” (DeCGG – Desentralisasi sebagai Kontribusi terhadap Tata Pemerintahan yang Baik) mendukung implementasi otonomi daerah di Indonesia. Dukungan tersebut di tingkat pusat menyangkut dukungan dalam merevisi kerangka regulasi dan, di tinkgat daerah, mendukung implementasinya melalui penguatan kapasitas pemerintah daerah terkait pelayanan publik.

Current Field of Cooperation

Sejak September 2011 GIZ mensupport Bappeda Prov. NTB dalam rangka Sistem Informasi Geografis dan Data Manajemen.

Beberapa Output yang diharapkan mencapai dalam kooperasi ini adalah:

  1. Meningkatkan jumlah staf BAPPEDA yang dapat menggunakan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk perancanaan, monitoring dan evaluasi. (Melayout, menganalisa, mengelolah, mencari data spasial).
  2. Bidang Statistik dan Pendataan memiliki, mengelolah dan mengunakan jaringan LAN untuk akses dan simpan data dan informasi yang tersedia di sebuah server. Bidang Statistik mengelolah jaringan LAN dan Koneksi ke Internet secara aman.
  3. Di Bappeda Provinsi NTB tersedianya satu database spatial yang bisa diakses lewat intranet, yang dikelolah, diupdate dan yang bisa digunakan dengan mudah oleh petugas Bappeda dalam tupoksinya.
  4. Bappeda Provinsi NTB memiliki Database spasial yang dapat digunakan dengan mudah serta dipercaya kebenarannya, yang dikelolah dengan baik dan yang digunakan oleh staf bappeda untuk melaksanakan tupoksinya.
  5. Database spasial bappeda telah terhubung dengan database non spatial dan digunakan untuk menyempurnakan hasil tupoksi / produk Bappeda.
  6. Bappeda Provinsi NTB memiliki dan mengelola sendiri satu Website resmi yang informatif, lengkap, mudah diakses, berguna dan diupdate secara teratur.
  7. Bappeda memiliki dan menggelola Sistem Informasi Geografis berbasis WEB yang mudah diakses, bisa dipercaya, berguna dan diupdate secara teratur.
  8. Bidang Statistik berperan sabagai Pusat Informasi Spasial Provinsi melalui pelayanan kepada Bappeda, SKPD, lembaga lain (Universitas, LSM, Swasta, …) serta masyarakat dengan menyediakan jasa seperti data, informasi, peta (jasa GIS) dan pelatihan.

Bappeda Provinsi NTB sebagai Badan Koordinasi SKPD di Prov. NTB  sangat cocok sebagai mitra utama untuk menyebarkan pengetahuan GIS dan Data Manajemen di lingkung Provinsi NTB. Bilang itu dalam kooperasi ini GIZ tersedia kerjasama dan membantu SKPD-SKPD dan Lembaga2 di daerah NTB dalam rangka GIS dan Data Manajemen contohnya dengan nasehat, pelatihan dan melaksanakan kegiatan bersama. Beberapa kegiatan yang terlaksanakan dalam rangka itu adalha pelatihan GIS Dasar dengan peserta SKPD Dinas-Dinas NTB, kegiatan “Data GIS dan Peta Kota” bersama dengan Bappeda Kota Mataram, Kegiatan bersama Pemetaan Sosial KLU, Kursus Aplikasi Remote Sensing di UNRAM, dll.

Program DeCGG keseluruhnya

Ditugaskan oleh: Kementerian Federal Jerman Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ)

Mitra Utama: Kementerian Dalam Negeri

Durasi: Januari 2010 sampai Desember 2012

Latar belakang

Desentralisasi di Indonesia merupakan salah satu proses transformasi administrasi negara yang paling kompleks di dunia. Kapasitas pemerintah daerah dalam pengelolaan sumber daya manusia dan kapasitas organisasi terkait pelayanan publik yang efektif, transparan dan akuntabel masih terbatas. Prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik belum diterapkan secara luas. Sementara itu, kebijakan otonomi daerah yang ditentukan pemerintah pusat seharusnya mendukung pemerintah daerah dengan menentukan secara lebih jelas pembagian urusan antar-tingkat pemerintahan.

Tujuan

Pemerintah daerah menerapkan standar prosedur administrasi dan keuangan terkait pelayanan publik dan menerapkan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik.

Pendekatan

Tujuan utama program DeCGG adalah peningkatan pelayanan publik. Untuk mencapai tujuan tersebut, program  yang didukung GIZ ini menggabungkan ke dalam satu desain proyek yang koheren pendekatan-pendekatan sukses dari empat proyek yang telah dilaksanakan sebelumnya di bidang otonomi daerah dan tata pemerintahan.

Di tingkat pusat, proyek DeCGG mengasistensi revisi kerangka regulasi tentang otonomi daerah, penyusunan instrumen terkait desentralisasi fiskal dan reformasi birokrasi. Dukungan terhadap penyusunan dan implementasi standar pelayanan minimal dan terhadap pengembangan organisasi dan pengelolaan sumber daya manusia membantu membangun kapasitas yang dibutuhkan supaya pengambilan kebijakan dapat dilakukan secara lebih koheren. Di tingkat lokal, program ini memfokuskan pembangunan kapasitas pemerintah daerah melalui upscaling dari instrumen pemerintahan yang telah berhasil meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Aspek penting dari program desentralisasi adalah implementasi suatu strategi nasional tentang otonomi daerah yang koheren yang dikembangkan bersama oleh empat kementerian kunci, yaitu Kementerian Dalam Negeri (pelaksana utama kerjasama ini) dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Bappenas (mitra pelaksana).

Di tingkat lokal, berbagai pemerintah daerah menjadi mitra untuk menguji coba instrumen pembaharuan. Organisasi perantara, seperti misalnya universitas, LSM dan perusahaan pelayanan swasta, sejauh mungkin terlibat dalam pembangunan kapasitas yang tertuju pada mitra pemerintah. Daerah yang menjadi fokus program ini adalah NTB, NTT, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Kalimantan Timur. Di samping itu, program DeCGG mendukung organisasi masyarakat sipil supaya memenuhi peranannya sebagai pemangku kepentingan dalam penyusunan kerangka otonomi daerah dan peningkatan pelayanan publik.

Program DeCGG menyandarkan diri pada pengalaman produk teruji dan praktek terbaik yang dikembangkan program sebelumnya bersama organisasi pelaksana Jerman lainnya (CIM, BGR, KfW). Dalam melakukan itu, DeCGG juga berkoordinasi secara erat dengan dua bidang fokus Kerjasama Pembangunan Jerman-Indonesia lainnya.

 

Website GIZ Indonesia

Website GIZ DeCGG