AusAid – AIPD

logo-ausaidAustralia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) mendukung Pemerintah Indonesia untuk memperkuat kinerja pemerintah provinsi dan kabupaten. Secara spesifik, program AIPD bertujuan untuk meningkatkan penyediaan layanan publik di sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. AIPD diimplementasikan di tingkat Pemerintah Nasional dan juga lima Pemerintah Provinsi, yaitu Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur, beserta 20 Pemerintah Kabupaten dari 5 Provinsi, yang dimulai dari tahun 2011 sampai dengan 2015.

Program AIPD berfokus pada aspek manajemen sumberdaya, baik SDM maupun finansial. AIPD menciptakan lingkungan yang mendukung bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten untuk meningkatkan kinerjanya sehingga memberikan peluang sukses yang lebih besar bagi inisiatif sektoral untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Pada saat yang bersamaan, program AIPD juga menyediakan model baru pembangunan yang dapat direplikasi di kabupaten dan provinsi lain.

AIPD juga berperan dalam mendukung pengembangan kebijakan. Dengan ‘menangkap’ berbagai isu nyata yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dan menjadikannya sebagai umpan balik kepada pemerintah pusat, maka AIPD berkontribusi terhadap pengembangan kebijakan yang lebih baik sehingga membantu lancarnya proses desentralisasi. Dengan kata lain, AIPD membantu desentralisasi terlaksana dengan baik.

Untuk mencapai tujuan tersebut, program AIPD memiliki tiga komponen – Pemerintah yang responsif, Masyarakat yang aktif dan Manajemen Pengetahuan. Terminologi ini membantu memetakan siapa saja pemangku kepentingan yang dengannya program ini bekerja. Sebagai contoh, dalam konteks penyediaan layanan publik, komponen Pemerintah yang responsif merujuk pada pemerintah pada berbagai tingkatan, sementara komponen Masyarakat yang aktif merujuk pada masyarakat sipil atau kelompok masyarakat yang lebih luas, termasuk DPRD tingkat Provinsi dan Kabupaten, media, universitas dan organisasi masyarakat sipil. Kedua komponen ini selanjutnya mendasari komponen Manajemen Pengetahuan yang berperan untuk memastikan bahwa hasil-hasil pembelajaran dan praktek cerdas dapat disebarluaskan.

Website AIPD (www.aipd.or.id)