AusAID – ACCESS

logo-ausaidACCESS merupakan singkatan dari Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme, adalah sebuah program inisiatif pemerintah Australia dan pemerintah Indonesia melalui the Australian Agency for International Development (AusAID).
ACCESS telah beroperasi sejak tahun 2002, dimana tahap II telah dimulai pada bulan Mei 2008 untuk periode lima tahun ke depan.

ACCESS Tahap II didesain berdasarkan keberhasilan-keberhasilan dari ACCESS Tahap I, dengan memberikan fokus yang lebih besar pada penguatan kapasitas OMS lokal dan membangun tuntutan terhadap tata kepemerintahan yang lebih baik.

ACCESS Tahap II bermaksud agar warga dan organisasinya berdaya untuk melakukan interaksi aktif dengan pemerintahan lokal dalam upaya meningkatkan dampak-dampak pembangunan di 16 kabupaten di kawasan timur Indonesia.

Empat tujuan yang diharapkan dapat tercapai selama jangka waktu program adalah:

Pada tahun 2013 OMS mitra menggunakan pendekatan yang partisipasif, inklusif untuk memperkuat kapasitas dan meningkatkan kepercayaan diri warga dalam hal tata kepemerintahan lokal yang demokratis.
Pada tahun 2013 OMS mitra secara teratur melakukan kolaborasi dalam rangka membangun tata kepemerintahan lokal yang demokratis di lingkup kabupaten, kecamatan dan desa.
Pada tahun 2013 OMS mitra secara teratur berinteraksi secara aktif dengan pemerintahan desa, kecamatan dan kabupaten dalam rangka membangun partisipasi, transparansi, akuntabilitas, keadilan sosial dan pelayanan publik yang berpihak pada orang miskin dan perempuan.
Pada tahun 2013 program-program pemerintah dan donor, memepertimbangkan pembelajaran dan praktek-praktek yang baik dari ACCESS Tahap II

Website ACCESS (www.access-indo.or.id)